KORANNTB.com – Tahun depan, ada empat event internasional yang akan digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

APV Site Operation The Mandalika I, Made Pari Wijaya, mengatakan empat event tersebut diawali dengan World Superbike Championship atau WSBK yang akan digelar 3 hingga 5 Maret 2023.

Selain itu ada Shell Eco Marathon yang akan digelar 1 hingga 10 Juli 2022. Selanjutnya akan digelar Speed pada Agustus 2023.

“Terakhir ada MotoGP 2023 yang digelar pada 10-12 Oktober 2023,” katanya dalam diskusi yang digelar Poltekpar Lombok, Kamis, 1 Desember 2022 di Mataram.

Dia berharap setiap satu atau dua bulan akan ada event internasional yang digelar di sirkuit kebanggaan Indonesia ini.

“Harapan setiap satu dua bulan sekali ada event internasional. Mari kita jaga sinergitas, komunikasi, koordinasi dan kolaborasi,” ujarnya.

Berkaca tahun ini, selain menggelar event internasional yang menjadi sorotan dunia, Sirkuit Mandalika juga kedatangan berbagai event, seperti WWF World Indonesia yang menghadirkan 120 binaragawan, PHRI bersepeda, track day dan lainnya.

“Tentu ITDC mempersiapkan event. Semakin banyak event maka denyut nadi semakin tinggi. Pariwisata semakin bergairah,” katanya.

Pari mengatakan Mandalika saat ini memiliki empat title. Pertama adalah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, Proyek Strategis Nasional dan Destinasi Wisata Super Prioritas.

Itu memberikan dampak yang sangat luar biasa bagi Mandalika dan juga bagi NTB. Pari mengatakan sudah total Rp8 triliun investasi pemerintah pusat untuk mendukung Mandalika.

“Ini memberikan dampak sangat luar biasa. Hampir Rp8 triliun investasi pemerintah pusat ada di Mandalika, seperti jalan, air dan lain-lain,” katanya.

“Kita ingat pidato Pak Jokowi di acara BI, menyebutkan Mandalika sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di luar Jawa,” ujar Pari. (red)