KORANNTB.com – Jika mencari Nanga Tumpu di kolom berita Google, akan mendapatkan informasi tentang bahaya tanjakan di sana yang banyak menelan korban, termasuk longsor dan kebakaran lahan.

Namun, di balik bahaya tersebut ternyata Nanga Tumpu menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan keindahan alam.

Perpaduan lautan dan bukit hijau menenangkan hati orang yang berada di sana. Memang tanjakan Nanga Tumpu menjadi tempat favorit untuk berswafoto.

Dari jalan lintas Sumbawa Bima itu pesona alam memanjakan mata. Secara administrasi, Nanga Tumpu berada di Kecamatan Manggalewa, Kabupaten Dompu. Untuk perjalanan darat dari Sumbawa menuju Bima dapat melewati jalur ini.

Dari tanjakan Nanga Tumpu dapat melihat hamparan keindahan Teluk Saleh yang indah. Semilir angin dan hijaunya bukit menambah kesan indah.

Biasanya saat sore hari, banyak pedagang cilok menggunakan sepeda motor di sana. Uniknya, banyak orang asli Lombok yang berjualan di sana.

Biasanya, saat musim hujan tanjakan Nanga Tumpu cukup berbahaya, licin dan rawan longsor. Sehingga banyak pengendara roda dua yang beristirahat di sana untuk melepas lelah perjalanan atau sekedar berfoto. (red)

Foto by. Sumardinsyah