KORANNTB.com – Bumi semakin panas setiap waktunya karena dipengaruhi kondisi iklim yang berubah. Masih sering terjadi deforestasi atau penggundulan hutan membuat suhu permukaan bumi terus meningkat.

Untuk menyelamatkan bumi, peran manusia sangat besar. Menjaga lingkungan menjadi tanggungjawab bersama umat manusia untuk merawat bumi yang menjadi tempat manusia hidup dan mati nanti.

Menanam pohon menjadi salah satu upaya untuk menjaga kelestarian lingkungan. Bahkan banyak hadis menegaskan pentingnya umat muslim dalam menanam pohon yang dapat diganjar dengan pahala yang besar bahkan hingga hari kiamat.

Link Banner

Dari sahabat Jabir ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, ‘Tiada seorang muslim yang menanam pohon kecuali apa yang dimakan bernilai sedekah, apa yang dicuri juga bernilai sedekah. Tiada pula seseorang yang mengurangi buah (dari pohonnya) melainkan akan bernilai sedekah bagi penanamnya sampai hari kiamat, seperti yang diwartakan NU Online.

Ilustrasi menanam pohon, Hari Pohon Sedunia. (Image by jcomp on Freepik)

Setiap seseorang manusia yang menanam pohon akan bernilai sedekah, baik bagi hewan yang memanfaatkan pohon tersebut atau saat manusia berteduh pada pohon yang ditanam. Pahala dari orang yang menanam pohon akan terus mengalir.

Rasulullah saw bersabda, “Tiada seorang muslim yang menanam pohon, lalu buahnya dimakan oleh seseorang, hewan ternak, atau burung, kecuali itu akan bernilai sedekah sampai hari kiamat.” (red)