KORANNTB.com – Majalah Tempo menghargai pengaduan Menteri BUMN Erick Thohir atas materi podcast Bocor Alus Politik berjudul “Pengerahan BUMN untuk Kampanye Erick Thohir” pada Minggu, 9 Juli 2023.

Tayangan tersebut muncul di YouTube Tempo.co, media online Kelompok Tempo Media.

“YouTube Tempo.co menjadi medium penyebaran produk jurnalistik digital majalah Tempo,” kata Pemimpin Redaksi Majalah Tempo, Setri Yasra.

Sebagai produk jurnalistik, kata Setri, podcast Bocor Alus pun ditayangkan setelah melalui proses verifikasi dan upaya konfirmasi.

“Informasi yang muncul di Bocor Alus Politik sudah terverifikasi oleh narasumber yang ditemui oleh wartawan Tempo,” kata Setri. Karena itu, kata dia, Bocor Alus Politik tetap mengikuti Kode Etik Wartawan Indonesia.

Setri mengapresiasi Menteri Erick yang menempuh jalur penyelesaian sengketa pemberitaan melalui Dewan Pers alih-alih melapor ke kepolisian. Menurut dia, penyelesaian di Dewan Pers merupakan cara yang tepat dan elegan untuk menyelesaikan masalah pemberitaan di media massa sesuai Undang-Undang Pers.

Menteri Erick Thohir, melalui staf khusus bidang komunikasi Menteri BUMN Nezar Patria, dan asisten pribadinya, Ratna Irsana, melaporkan program Bocor Alus Politik ke Dewan Pers hari ini. Program yang dipersoalkan berjudul “Manuver Erick Thohir Lewat PSSI dan BUMN yang Tak Disukai PDIP .”

Nezar, mantan wartawan Tempo dan mantan anggota Dewan Pers, mengadukan acara itu tak memenuhi prinsip kerja jurnalistik dan Kode Etik Wartawan Indonesia.

Setri menambahkan bahwa siaran Bocor Alus Politik merupakan inovasi produk jurnalistik dari Kelompok Tempo Media. Tujuannya adalah menyebarluaskan informasi yang telah diverifikasi untuk kepentingan publik.

Podcast Bocor Alus juga menjadi medium untuk menyampaikan informasi yang tak bisa dimuat di majalah Tempo yang mengedepankan teks dan memiliki keterbatasan halaman.

“Keterbatasan halaman di Majalah Tempo membuat redaksi sering kali tidak bisa menuangkan semua informasi yang diperoleh wartawan,” ujar Setri.

Menurut Setri, podcast Bocor Alus merupakan perluasan dari isi majalah Tempo. Sejumlah informasi yang disampaikan di podcast tersebut pun telah dimuat atau akan ditulis di majalah Tempo yang terbit setiap pekan.

Menurut dia, tim podcast Bocor Alus Politik juga telah meminta tanggapan dari Erick Thohir serta sejumlah nama lain yang disebut sebagai bentuk cover both side. Namun, Erick dan sejumlah koleganya tak merespons pertanyaan yang dilayangkan tim podcast Bocor Alus Politik.

Sedangkan Redaktur Pelaksana Tempo Stefanus Pramono mengatakan bahwa informasi yang disampaikan di program Bocor Alus Politik bukan gosip atau desas-desus. Sebab, semua informasi yang disampaikan telah diverifikasi dan dibenarkan oleh sejumlah narasumber.

“Setiap informasi yang kami sampaikan memiliki bukti pendukung dan punya dimensi kepentingan publik,” katanya. (red)