KORANNTB.com – Suhu di Lombok, Nusa Tenggara Barat sangat dingin di malam hari. Bahkan suhu terdingin terdeteksi di Gunung Rinjani yang mencapai 1 derajat celcius pada Jumat, 21 Juli 2023.

Sementara di Desa Tetebatu Lombok Timur suhu mencapai 9 derajat celcius. Secara umum suhu di Lombok saat ini berada pada 21 derajat celcius, namun di beberapa tempat seperti Rinjani suhu nyaris mencapai titik beku.

Suhu dingin di musim kemarau memang umum terjadi. Itu karena saat musim kemarau intensitas awan atau tutupan awan berkurang sehingga suhu udara dapat tembus ke permukaan bumi tanpa dihalangi oleh awan. Begitu juga pada siang hari, suhu panas akan tembus langsung ke permukaan bumi.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat meminta masyarakat untuk mewaspadai kekeringan.

Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Nusa Tenggara Barat, Afriyas Ulfah mengatakan peringatan kekeringan pada level ‘awas’ di Lombok Timur dan level ‘siaga’ dan ‘waspada’ di beberapa tempat.

“Peringatan dini kekeringan meteorologis pada level awas terdapat di Kecamatan Sambelia Lombok Timur, level siaga di Kecamatan Buer dan Utan di Sumbawa dan level waspada di Kecamatan Moyo Utara di Sumbawa dan Kecamatan Rasanae Timur di Kota Bima,” katanya.

Sifat hujan pada dasarian II Juli 2023 di NTB didominasi kategori Bawah Normal yang terjadi merata. (red)