Ditulis oleh Intan Nur Fauziah Saputri

Banyaknya setiap individu yang mengenyam pendidikan  menjadikan mereka  harus menempuh  perjalanan sulit dalam mencari lapangan pekerjaan setelah lulus. Terlebih bagi mereka yang fresh graduate dengan tuntutan segera mencari pekerjaan setelah lulus dari pendidikan.  Fresh graduate merupakan sebutan bagi  setiap individu yang baru lulus baik dari sekolah SMA/SMK, atau perguruan tinggi dengan  jenjang diploma maupun  sarjana.

Berbagai tantangan yang dihadapi bagi Fresh graduate termasuk dalam bersaing  mendapatkan pekerjaan, maka dari itu perlu diperhatikan bagi Fresh graduate sebelum terjun dalam dunia ekonomi dan bisnis. Karena sebagian perusahaan pastinya membutuhkan  karyawan agar mau berkerja sama serta berkontribusi di dalam suatu perusahaan. Maka dari itu kebanyakan  dari beberapa perusahaan tertarik merekrut fresh graduate pada posisi tertentu. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena kebanyakan  Fresh graduate dianggap mampu memberikan ide, tenaga, bahkan pikiran untuk mendukung pengembangan perusahaan. Fresh graduate  sendiri cenderung lebih muda, bersemangat, antusias, dan inovatif dalam bekerja.

Link Banner

Meskipun begitu  terdapat  beberapa kekurangan bagi Fresh graduate yakni kurangnya pengalaman serta skill yang ada dalam diri mereka, sehingga beberapa perusahaan menetapkan bagi karyawan fresh graduate untuk menempati posisi karyawan yang masih kalangan bawah, entry level, atau internship dalam perusahaan bahkan terdapat beberapa sebagian perusahaan yang mendapati karyawan kontrak bagi mereka yang masih dalam posisi baru dalam suatu perusahaan. Dengan hal itu perusahaan dapat melatih keterampilan, menambah pengalaman, serta memahami seberapa besar pengaruh mereka dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai karyawan dalam suatu perusahaan.

Namun tidak terlepas dari itu mendapatkan lapangan pekerjaan tidaklah mudah seperti yang difikirkan, banyak tantangan dan  hambatan bagi mereka yang ingin mendapatkan pekerjaan. Dengan demikian terdapat beberapa upaya yang harus dilakukan bagi Fresh graduate sebelum mencari pekerjaan. Pertama, Meningkatkan skill dengan cara mengasah kemampuan tersendiri sebelum melamar pekerjaan. Kedua, bagi fresh graduate tingkat Menengah Atas apabila  ingin mengasah kemampuan dan kualitas diri dapat dilakukan dengan cara melanjutkan  pendidikan sampai memperoleh gelar Magister maupun Doktor. Ketiga, apabila belum pernah terjun dalam bisnis dan ekonomi maka dianjurkan untuk magang  untuk mengasah pengalaman sebelum melamar pekerjaan. Terakhir,  belajar skill baru sebelum melamar pekerjaan, bagi mereka yang bekerja tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Setelah mengetahui  kelebihan dan kekurangan fresh graduate, serta beberapa upaya peningkatan kualitas Fresh graduate, tetapi mengapa masih banyak fresh graduate yang menjadi pengangguran? Nah, ternyata disebabkan karena banyaknya lulusan baru yang juga membutuhkan pekerjaan sehingga dipastikan  terdapat  persaingan yang ketat dalam mendapatkan pekerjaan di berbagai perusahaan. Kemudian tidak hanya itu kurangnya pengalaman kerja serta  kurangnya kualitas tenaga, pikiran ataupun kreativitas dari mereka, maka dari itu perusahaan kurang membutuhkan karyawan bagi meraka yang tidak punya skill dan kemampuan tersendiri bagi perusahaan.

Oleh karena itu bagi individu yang sudah lulus dari perguruan tinggi ataupun Sekolah Menengah Atas harus mengedepankan skill serta meningkatkan kualitas dirinya, melatih keterampilan serta menambah pengalaman agar mereka mampu menjadi karyawan tetap dalam suatu perusahaan maupun mampu mengendalikan bisnisnya sendiri.