KORANNTB.com – Sektor pariwisata domestik di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat signifikan di tahun 2023. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah perjalanan pariwisata domestik pada paruh pertama tahun 2023 mencapai 433,57 juta, meningkat 12,6% dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Anggota Tim Monev Akselerasi KEK Pariwisata Kemenparekraf RI, Taufan Rahmadi mengatakan trend peningkatan wisatawan ini diperkirakan akan berlanjut hingga akhir tahun nanti.

“Jika tren ini berlanjut, pasar domestik akan menutup tahun dengan sekitar 827 juta perjalanan, naik dari 734,9 juta perjalanan pada tahun 2022,” katanya.

Link Banner

Ada lima provinsi di Indonesia yang mengalami peningkatan sektor pariwisata domestik. Paling tinggi adalah Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Di antara provinsi-provinsi yang menunjukkan pertumbuhan luar biasa dalam perjalanan wisata domestik, NTB memimpin dengan peningkatan 158,8% dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2022,” ujarnya.

Statistik BPS menunjukan NTB paling pertama peningkatan pariwisata domestik di Indonesia.

“Batang merah pada grafik terlampir mencerminkan provinsi-provinsi dengan pangsa pasar perjalanan domestik lebih dari 1%,” ujarnya.

Taufan mengatakan NTB terkenal dengan pantainya yang masih asli, perairan sebening kristal dan pemandangan yang menakjubkan, sehingga menjadikannya surga yang indah bagi para pecinta alam dan pencari petualangan.

Peran daerah dalam meningkatkan infrastruk pariwisata ikut mendorong pertumbuhan pariwisata di NTB.

“Pendekatan proaktif provinsi untuk meningkatkan infrastruktur pariwisatanya, termasuk konektivitas yang lebih baik dan peningkatan fasilitas, membuatnya lebih mudah diakses dan menarik bagi wisatawan,” katanya.

Statistik peningkatan pariwisata domestik (BPS)