KORANNTB.com – Gempa bumi tektonik mengguncang Pulau Lombok, pukul 07.31 WITA, Minggu, 13 Agustus 2023. Gempa dengan magnitudo 3,9 berpusat di 17 km Tenggara Lombok Utara, NTB pada kedalaman 24 kilometer.

Lokasi gempa terletak pada koordinat 8,50° LS; 116,23° BT, atau tepatnya berlokasi di darat.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi mengatakan gempa tersebut merupakan jenis gempa dangkal akibat akitivitas sesar aktif di darat.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di darat,” katanya dalam keterangan tertulis.

Sumber gempa tersebut berada di darat dan tidak berpotensi tsunami. Meski demikian masyarakat merasakan getaran gempa tersebut.

Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Lombok Utara, Lombok Barat, dan Mataram III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu) dan Lombok Timur, Lombok Tengah II-III MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang – Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut,” ujarnya.