Timnas Kalah, Shin Tae-yong Soroti Kinerja Wasit

KORANNTB.com – Timnas Indonesia kalah 5-6 dalam adu penalti melawan Vietnam dalam laga final AFF U-23 2023 yang digelar di Stadion Rayong Thailand, Sabtu, 26 Agustus 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengapresiasi kinerja masing-masing Timnas yang berlaga di final. Hanya saja dia menyoroti kinerja wasit yang dinilai cukup buruk dalam laga final tersebut.

“Saya tak bisa menyebutnya secara spesifik, tetapi beberapa situasi tidak menolong pemain. Pemain mungkin punya usaha yang hebat, tetapi keputusan (pengadil) salah,” katanya disadur dari VIVA, Minggu, 27 Agustus 2023.

BACA:  Final AFF U-23 Malam Ini, Berikut Prediksi Indonesia vs Vietnam

Dia mengatakan keputusan wasit dapat menghambat perkembangan pemain di lapangan, sehingga meminta AFF untuk menyeleksi wasit yang betul-betul profesional.

“Dan keputusan salah itu tidak bagus. Bisa menghambat perkembangan pemain meskipun mereka punya effort yang besar,” ujarnya.

Tidak dijelaskan apa keputusan wasit yang menurutnya merugikan Tim Garuda Muda. Namun dari laga final malam kemarin beberapa keputusan wasit cukup kontroversi.

BACA:  Final AFF U-23 Malam Ini, Berikut Prediksi Indonesia vs Vietnam

Wasit Hiroki Kasahara asal Jepang sempat diprotes oleh Shin Tae-yong yang berujung dia diberikan kartu kuning oleh sang wasit. Saat itu terjadi perebutan bola antara Haykal Alhafiz dan Nguyen Hong Phuc sisi kiri lapangan. Hong Phuc menyikut bagian belakang kepala Haykal, namun wasit justru membiarkan tanpa ada sanksi.

Hakim garis juga merugikan Timnas saat Jeam Kelly Sroyer menerima umpan sundulan dari Ramadhan Santana. Bola berada pada posisi menguntungkan menuju kotak penalti, namun justru hakim garis mengangkat bendera tanda offside.