KORANNTB.com – Kepolisian Resor Sumbawa Barat melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Distribusi Air Bersih (DIASIH) untuk masyarakat sekitar kawasan Pelabuhan Poto Tano di Desa Poto Tano Kecamatan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat, Jumat, 1 september 2023.

Wilayah tersebut mengalami kekeringan yang cukup parah, sehingga masyarakat kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

Kasi Humas Polres Sumbawa Barat IPDA Eddy Soebandi mengatakan, kegiatan Bakti Sosial Distribusi Air Bersih (DIASIH) merupakan inovasi Polres Sumbawa Barat.

“DIASIH disalurkan kepada pedagang lapak yang ada di sekitar Pelabuhan Poto Tano dan melakukan penyiraman tempat parkir siap muat di Pelabuhan Poto Tano,” katanya.

Sebelumnya, BMKG Stasiun Klimatologi NTB merilis wilayah-wilayah terdampak kekeringan di NTB dalam level ‘awas’ dan ‘siaga’.

Masing-masing wilayah terdampak kekeringan level ‘awas’ adalah Kecamatan Sambelia dan Pringgabaya di Lombok Timur, Kecamatan Bayan di Lombok Utara, Kecamatan Utan, Buer dan Moyo Utara di Kabupaten Sumbawa, Kecamatan Palibelo di Kabupaten Bima dan Kecamatan Rasanaer Timur dan Asakota di Kota Bima.

Sementara wilayah yang masuk ancaman kekeringan level ‘siaga’ adalah Kecamatan Kilo, Manggalewa, dan Woja di Kabupaten Dompu, Kecamatan Donggo, Lambitu, Soromandi, dan Wawo di Kabupaten Bima, Kecamatan Raba, dan Mpunda di Kota Bima, Kecamatan Mataram di Kota Mataram, Kecamatan Batu Layar, Gerung, Lembar, dan Narmada di Lombok Barat.

Kemudian, Kecamatan Batukliang, Janapria, dan Praya Barat di Lombok Tengah, Kecamatan Kecamatan Jerowaru, Labuhan Haji, Sakra Barat, Sembalun, Sikur, Suela, dan Sukamulia di Lombok Timur, Kecamatan Gangga, Pemenang, dan Tanjung di Lombok Utara, Kecamatan Alas, Batulanteh, Moyohulu, Orong Telu, Sumbawa, dan Unter Iwes di Kabupaten Sumbawa dan Kecamatan Brang Ene, Brang Rea, Jereweh, Maluk, Poto Tano, dan Taliwang di Kabupaten Sumbawa Barat.