KORANNTB.com – Animo masyarakat untuk kuliah di Universitas Pendidikan Mandalika (UNDIKMA) Mataram setiap tahun terus mengalami peningkatan. Tren peningkatan mulai dari tahun 2017 sampai dengan saat ini.

Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru UNDIKMA Ni Ketut Alit Suarti mengungkapkan bahwa di tahun 2023 ini, mahasiswa baru UNDIKMA sebanyak  2.215 dan  melampaui jumlah  maba di tahun 2022 yaitu 2.052 orang.

“Kegiatan selanjutnya yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru adalah kegiatan Pengenalan Kehidupan kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) yang dilaksanakan pada tanggal 14 – 17 September 2023,” katanya.

Wakil Rektor I UNDIKMA ini mengungkapkan bahwa pelaksanaan PKKMB mengacu pada Pedoman PKKMB Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek tahun 2023.

Dalam pedoman disebutkan bahwa PKKMB merupakan kegiatan pengenalan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk peningkatan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air serta kegiatan kokurikuler maupun ekstrakulikuler untuk mempercepat beradaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan kampus UNDIKMA.

Adapun tujuan umum PKKMB adalah untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem Pendidikan di perguruan tinggi.

“Untuk waktu pelaksanaan, dalam pedoman disebutkan 2 – 6 hari, namun sesuai dengan kebutuhan UNDIKMA melaksanakan selama 4 hari saja,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan selama mengikuti PKKMB mahasiswa baru akan diberikan materi tentang (1) kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan bela negara, (2) Sistem Pendidikan Tinggi di Indonesia, perguruan tinggi di era revolusi industry 4.0 dan society 5.0.,

Kemudian, (3) Pengembangan karakter mahasiswa agar memiliki sikap sebagai intelektual, anti kekerasan seksual, anti perundungan, anti narkoba, anti korupsi dan kampus sehat, (4) Pengenalan keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (K3L) serta (5) materi muatan lokal antara lain pengenalan struktur organisasi UNDIKMA, kode etik mahasiswa, kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, MBKM, sistem layanan akademik dan non akademik, pengenalan organisasi kemahasiswaan, dan materi lainnya.

“Untuk narasumber kami melibatkan dari pihak eksternal dan internal UNDIKMA sesuai dengan kompetensi serta kesesuain dengan materi,” katanya.

Walaupun PKKMB sedang berlangsung, namun penerimaan mahasiswa baru khususnya Program Studi Magister (S2)  tetap dibuka sampai 30 September 2023.

Program studi tersebut adalah S2 Pendidikan Bahasa Inggris, S2 Pendidikan Kepelatihan Olahraga, dan S2 Pendidikan IPA.

Selain Program Studi S2, pihak Panitia PMB UNDIKMA juga masih membuka layanan pendaftaran untuk beberapa program studi S1 dan Diploma 3 antara lain Bimbingan dan Konseling, Teknologi Pendidikan, Administrasi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa Inggris, Seni Rupa, Pertambangan, Kehutanan, Arsitektur, Pendidikan Biologi, Matematika, Fisika dan Kimia.

Sementara itu Kepala Biro Humas UNDIKMA Ismail Marzuki mengaku senang dan bersyukur dengan terus meningkatnya jumlah mahasiswa baru. Di tahun 2019 (900 orang), tahun 2020 (1.294), tahun 2021 (1.463), tahun 2022 (2.052) dan di tahun 2023 (2.202).

“Untuk itu kami  mengucapkan terima kasih kepada keluarga mahasiswa baru yang telah mempercayai UNDIKMA serta seluruh pihak seperti dosen, karyawan, mahasiswa, alumni dan terutama Mitra PMB UNDIKMA yang telah bekerja keras melakukan promosi dan fasilitasi pendaftaran sehingga memberikan kemudahan bagi pendaftar dalam melakukan proses/tahapan pendaftaran sampai tuntas,” ujarnya.

“Secara khusus kami sampaikan terima kasih  kepada Bapak Ketua Yayasan H. Lalu Rusmiady, S.H.,M.M. dan Rektor UNDIKMA Prof. Drs. Kusno, DEA.,Ph.D. yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan khususnya kepada Panitia PMB 2023 untuk melakukan inovasi dan pengembangan strategi marketing sehingga alhamdulillah hasilnya sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Sementara itu Rektor UNDIKMA Prof. Drs. Kusno, DEA.,Ph.D menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru seraya berpesan agar semua pihak terkait fokus pada kesuksesan pelaksanaan PKKMB karena banyak manfaat yang akan diperoleh khususnya bagi mahasiswa baru.

“PKKMB dilaksanakan sebagai media transisi dari siswa menjadi mahasiswa dan menyiapkan mahasiswa baru untuk memasuki Pendidikan tinggi. Anda semua adalah orang-orang yang beruntung, karena banyak orang yang ingin kuliah seperti anda tapi mereka tidak bisa, untuk itu mohon manfaatkan waktu 4 tahun ke depan dengan sebaik-baiknya,” pesannya.

“Selamat datang di Universitas Pendidikan Mandalika, ayo belajar  dengan baik, tekun dan  disiplin. Mari kembangkan potensi diri karena banyak peluang yang dapat dimanfaatkan,” ujar Guru Besar Jebolan salah satu perguruan tinggi ternama di Prancis.