KORANNTB.com – Seorang pendaki Gunung Rinjani meninggal dunia saat berada di Banyu Urip Gunung Rinjani, Sabtu 28 Oktober 2023. Korban berinisial Ald (66) warga Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Lombok Tengah.

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR), Dedy Asriady dalam keterangan pers mengatakan informasi tersebut diterima melalui seorang guide, di mana ada seorang pendaki meninggal dan dibawa turun ke lokasi Kebun Jeruk jalur Torean.

“Menurut informasi, korban terlihat kelelahan saat berjalan, lalu duduk sebentar, dan langsung meninggal di tempat,” katanya, Minggu 29 Oktober 2023.

Setelah mendapat informasi tersebut dan melakukan koordinasi, sekitar pukul 12.00 WITA Tim Recue TNGR berangkat bersama enam orang porter dan satu orang tenaga medis untuk melakukan penjemputan.

“Tim tiba di Pos Birisan Nangka sekitar pukul 13.30 WITA dan selanjutnya melanjutkan perjalanan ke lokasi Kebun Jeruk,” ujarnya.

Sekitar pukul 18.30 WITA, tim evakuasi bersama korban tiba di Desa Torean dan selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Senaru. Setibanya di Puskesmas Senaru sekitar Pukul 19.21 WITA, korban langsung dilakukan pemeriksaan oleh tenaga medis.