KORANNTB.com – Saat ini wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah masuk peralihan musim kemarau ke musim hujan. BMKG mencatat pada peralihan musim ini sebagian besar wilayah Indonesia termasuk Indonesia akan dilanda pancaroba.

Sebelumnya, Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi ZAM Praya, Nur Siti Zulaichah membenarkan NTB masuk ke pancaroba saat peralihan musim ini.

“Untuk saat ini wilayah NTB berada di fase peralihan dari akhir puncak musim kemarau dan mulai memasuki musim pancaroba,” katanya.

Saat pancaroba, bencana hidrometeorologi berpotensi akan terjadi. Bencana tersebut berkaitan dengan iklim yang terjadi di suatu wilayah. Jika musim kemarau bencana hidrometeorologi berkaitan dengan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kekeringan, kualitas udara buruk dan kekurangan air bersih.

Namun saat peralihan musim kemarau ke musim hujan, bencana hidrometeorologi meliputi angin kencang, angin puting beliung, banjir, longsor, pohon tumbang hingga curah hujan ekstrem.

Tidak hanya bencana, pancaroba juga mempengaruhi kondisi kesehatan manusia. Penyakit yang sering muncul saat pancaroba adalah…