Penulis: Yusniarti (Mahasiswi UIN Mataram)

KORANNTB.com – Salah satu air terjun yang wajib untuk dikunjungi di Lombok adalah Air Terjun Tibu Sedalem yang berlokasi di tengah hutan Desa Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat.

Air Terjun Tibu Sedalem berada di tengah-tengah rindangnya Hutan Sesaot. Pesonanya yang indah ditambah tarif masuk yang terbilang murah yaitu sekitar Rp5 ribu saja membuat tempat wisata yang satu ini sangat disenangi pengunjung.

Nama air terjun ini berasal dari dua kata “Tibu” dan “Sedalem.” Kata “Tibu” memiliki makna sebagai tumpahan air yang mengalir dan “Sedalem” memiliki makna sebagai dalam atau jauh.

Air terjun ini letaknya cukup jauh dan masuk ke dalam hutan. Rute perjalanan menuju air terjun ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan sekitar 5 kilometer. Pengunjung akan melewati Pemandian Bunut Ngengkang yang letaknya di Hutan Kawasan Masyarakat (HKM).

Apabila pengunjung merasa lelah dapat beristirahat sejenak sambil membeli makanan dan minuman, karena di sepanjang perjalanan terdapat para pedagang yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Berbagai macam suara satwa di dalam hutan mengiringi selama perjalanan. Kicauan burung dari berbagai jenis saling sahut menyahut bergantian. Ditambah lagi dengan suara monyet-monyet yang sesekali menampakan diri dan bergelantungan di pohon menantikan makanan dari para pengunjung.

Kendati menempuh perjalanan yang cukup panjang, pengunjung tidak perlu khawatir akan kepanasan, karena pohon-pohon besar yang berdaun rimbun  di dalam hutan ini terasa cukup membantu agar tak cepat dehidrasi dan tersengat sinar matahari. Selain itu sepanjang perjalanan, indra penciuman pengunjung disuguhkan aroma tanah basah khas hutan.

Setelah sampai di lokasi air terjun dengan ketinggian sekitar 5-6 meter ini, lelah selama perjalanan seolah terbayarkan. Kesegaran dan kesejukan dari air terjun Tibu Sedalem dan panorama yang disajikan menjadi suguhan yang tak pernah bosan dipandang mata. Airnya yang sangat segar dan alami, rasa lelah sepanjang jalan terbayar lunas.

Tibu Sendalem memang tempat yang sangat cocok untuk berekreasi bersama teman maupun keluarga. Namun meskipun begitu, pengunjung hendaknya tetap awas dan berhati-hati karena aliran air terjun ini cukup deras, apalagi saat musim hujan.