KORANNTB.com – Negara Turki (Turkiye) menjadi primadona dan begitu diminati pelajar Indonesia yang ingin menimba ilmu. Selain karena faktor semakin banyaknya agen-agen yang menyelenggarakan program pendidikan, banyaknya beasiswa yang disediakan pemerintah Turki untuk Indonesia menjadi alasan orang Indonesia ingin belajar di Turki.

Hal ini disampaikan Eks Dubes RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal yang kini menjabat sebagai Juru Bicara Kemenlu RI dalam pertemuannya dengan para santri Darul Iman NWDI Lombok Utara, Minggu 19 November 2023.

“Di Turki paling tidak ada 100 beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Turki untuk semua jurusan. Teknologi dan lainnya. Periode beasiswanya bulan Januari pembukaannya. Nanti baru diumumkan sekitar bulan Mei atau April,” jelas Lalu Iqbal.

Tips untuk dapat beasiswa di Turki dibocorkan Lalu Iqbal terutama untuk putra putri dari Nusa Tenggara Barat yang berminat belajar di negara yang dipimpin Presiden Erdogan itu.

“Ini saya kasi tipsnya. Kalau mau ngambil beasiswa Turki, walaupun mau ngambil jurusan teknologi atau tehnik, minimal 10 juz hafal Al-Quran. Itu akan mempercepat prosesnya,” beber Lalu Iqbal.