KORANNTB.com – Durian atau duren memiliki manfaat dan bahaya. Untuk diketahui, duren ternyata tidak mengandung kolesterol seperti yang jadi mitos banyak masyarakat. Masih banyak masyarakat yang menganggap makan duren akan membuat kolesterol naik.

NTB yang saat ini sedang musim duren membuat banyak masyarakat berburu duren yang dijual di pinggir jalan tempat-tempat tertentu. Bahkan satu keranjang berukuran kecil, duren bisa dijual seharga Rp100 ribu.

Melansir halodoc yang disadur dari Raffles Medical Group, justru lemak yang ditemukan pada duren adalah lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida LDL pada tubuh seseorang. Sehingga faktanya duren tidak membuat kolesterol.

Durian juga memiliki manfaat yang baik untuk tubuh jika dikonsumsi tidak berlebihan, yaitu mengurangi risiko kanker dengan menetralkan radikal bebas pemicu kanker, mencegah penyakit jantung karena mengulangi kadar kolesterol dan pengerasan pembuluh darah.

Kemudian, melawan infeksi karena memiliki sifat anti-jamur dan anti bakteri dan menurunkan gula darah.

Namun yang harus dihindari adalah mengonsumsi durian sambil minum alkohol. Itu karena senyawa sulfur dalam durian dapat mencegah enzim tertentu dari memecah alkohol, sehingga mengakibatkan meningkatnya alkohol dalam darah yang menyebabkan gejala mual, muntah hingga jantung berdebar.

Selanjutnya efek samping duren…