KORANNTB.com – Sebuah video beredar luas di media sosial, khususnya di grup WhatsApp NTB. Video tersebut menampilkan Calon Presiden (Capres) nomor urut 1 Anies Baswedan disambut oleh warga di Papua.

Pada potongan video tersebut terdengar seorang warga menyambut Anies dan menyebut nama Anies sebagai Yohanes. Video tersebut juga menampilkan thubnail bertulis “Otak Anies perlu di priksa gila apa sinting !” kemudian “ibu yg agama nasrani aja jijik melihat kelakuan anis.”

Video tersebut berlanjut dengan komentar seorang wanita yang mengritisi Anies mengklaim Anies telah dibaptis dengan nama baptis Yohanes. Dia mengeritik sikap Anies dan menjelaskan apa definisi baptis.

Penelusuran Fakta

Berdasarkan penelusuran fakta media ini, klaim yang menyebut Anies dibaptis dengan nama Yohanes tidak benar. Kejadian tersebut terjadi pada 9 Desember 2022 saat Anies Baswedan masih menjadi Gubernur DKI.

Anies saat itu mengunjungi Rumah Doa Alfa Omega yang berlokasi di Sentani, Jayapura.

Dilansir dari turnbackhoax.id, sebagaimana dikutip dari KBANews, Tokoh Masyarakat Kristen DKI Jakarta, Pendeta Shephard Supit menanggapi terkait pemberian nama Yohanes dari Ondoafi (Kepala Adat) Papua kepada Anies Baswedan.

Dijelaskan, nama Yohanes yang diberikan kepada Anies itu bukan nama baptisan sebab tidak ada ritual atau sakramen pembaptisan saat kunjungan Anies di Rumah Doa Alfa Omega yang berlokasi di Sentani, Jayapura, pada 9 Desember 2022 lalu.

Pemberian nama dari masyarakat adat di Papua ini sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kepada tamu yang datang di Bumi Cendrawasih. Masyarakat Papua juga merasa ada jalinan persaudaraan dengan Anies.

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Anies Baswedan dibaptis dengan nama Yohanes adalah klaim yang menyesatkan atau tidak benar. Sehingga konten video tersebut merupakan disinformasi atau hoaks.

Sumber

https://www.viva.co.id/ragam/cek-fakta/1566588-cek-fakta-anies-baswedan-dapat-nama-baptis-yohanes-dari-gereja

(https://turnbackhoax.id/2023/01/17/salah-anies-baswedan-dapat-nama-baptis-yohanes-dari-gereja/)