KORANNTB.com – Sebuah akun Facebook membagikan gambar yang bertuliskan peluncur uang sogok Anies Baswedan ditangkap polisi. Mereka disebut dijanjikan dibayar Rp1 miliar, namun baru dibayar Rp300 juta.

“Peluncur uang sogok anis amin tertangkap dan terbukti tersangka. Di janjikan bayaran 1M baru di bayar 300jt,” tulis gambar tersebut yang diunggah akun Facebook @Nada Syahqueena.

Pada gambar yang diunggah tampak banyak tahanan kepolisian menggunakan baju oranye. Tampak juga beberapa polisi di depan mereka seperti sedang melakukan konferensi pers.

Postingan tersebut disebarkan di sebuah grup Facebook “Batur Lombok Becerite” dan telah dibagikan sebanyak 22 kali dan mendapat tanggapan lebih dari 90 kali.

Penelusuran Fakta

Dari hasil penelusuran fakta yang dilakukan koranntb, foto yang diklaim merupakan tahanan dalam kasus upaya penyogokan yang dilakukan Anies Baswedan adalah keliru.

Foto tersebut berasal dari artikel beritasatu.com yang telah tayang pada 23 September 2021 atau sekitar 3 tahun lalu. Artikel berita tersebut berjudul “Polisi Bekuk 20 Tersangka Pemalsuan Uang di 5 Kota.” Kemudian pada berita dijelaskan Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri, menangkap 20 orang tersangka terkait kasus pembuatan dan peredaran uang palsu, di Jakarta, Tangerang, Bogor, Sukoharjo, dan Demak.

“Sejak Agustus hingga September, Bareskrim berhasil mengungkap empat kasus, terdiri beberapa jaringan, jaringan Jakarta, Bogor, Tangerang, jaringan Sukoharjo, dan Demak Jawa Tengah. Diamankan 20 tersangka sejak Agustus hingga September. Barang buktinya, uang palsu pecahan Rp 100.000, Rp 50.000 dan mata uang asing khususnya dolar AS, dan benda lainnya,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono, di Mabes Polri, Kamis (23/9/2021).

Tangkapan layar artikel beritasatu.com
Tangkapan layar artikel beritasatu.com

Pada artikel tersebut bukan berkaitan dengan upaya penyogokan yang dilakukan oleh Calon Presiden nomor urut 1 Anies Baswedan.

Kesimpulan

Informasi yang diunggah  akun Facebook @Nada Syahqueena yang mengklaim foto atau gambar tersebut merupakan peluncur uang sogok Anies adalah tidak benar.

Faktanya foto tersebut diambil dari artikel media yang telah tayang pada 2021 dengan kasus penangkapan pelaku yang diduga pengedar uang palsul.

Sumber

https://www.beritasatu.com/news/831909/polisi-bekuk-20-tersangka-pemalsuan-uang-di-5-kota