KORANNTB.com – Cuaca malam hari di Lombok panas dan bikin gerah. Hal tersebut dipicu NTB saat ini memasuki peralihan musim dari kemarau ke musim hujan.

Suhu wilayah Gerung Lombok Barat. Berdasarkan catatan suhu udara di Google, suhu di angka 27 derajat celcius dengan tingkat kelembapan 91 persen. Begitu juga dengan daerah sekitar.

Tingkat kelembapan tersebut tergolong sangat tinggi. Bahkan pada catatan suhu di Google tertulis “Panas yang Berlebihan” di beberapa wilayah di NTB, termasuk Lombok Barat dan Mataram.

Dilansir dari situs resmi BMKG, dijelaskan suhu udara panas di malam hari disebabkan karena suhu panas dan kelembapan udara yang tinggi. Semakin banyak uap yang dikandung di udara, maka semakin lembap udara tersebut.

Faktor minimnya angin juga berpengaruh membawa suhu permukaan bumi menjadi panas. Itu menyebabkan cuaca malam hari di Lombok panas.

Angin membantu membuat suhu menjadi lebih sejuk dan segar. Jika intensitas tiupan angin berkurang, maka suhu menjadi lebih panas dari biasanya dan membuat tubuh cepat gerah.

Faktor lainnya adalah banyaknya awan atau tutupan awan. Awan ibarat selimut. Jika di siang hari memiliki awan yang tebal tentu cahaya matahari tidak langsung memantul permukaan bumi, namun terhalang ke awan, sehingga suhu tidak panas.

Namun di malam hari, suhu udara yang dingin juga terhalang oleh tutupan awan, sehingga tidak sampai ke permukaan bumi. Ini menyebabkan suhu menjadi panas.