KORANNTB.com – Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTB (KPUD NTB) akan melaksanakan debat perdana Calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB pada Rabu, 23 Oktober 2024.

Debat perdana tersebut akan mengangkat tema “Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik untuk Kesejahteraan Rakyat” dan akan berlangsung di Hotel Lombok Raya Mataram.

Dari tema tersebut kemudian dibagi dalam empat sub-tema, yakni inovasi pemerintahan, pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Kemudian debat akan dibagi dalam enam segmen, yakni segmen pertama pembukaan, pembacaan tata tertib, dan penyampaian visi-misi Paslon.

Segmen kedua dan ketiga pendalaman visi-misi menjawab pertanyaan yang memang telah disusun oleh panelis. Segmen keempat dan kelima itu pertanyaan antar-Paslon, saling bertanya dan menanggapi.

“Segmen keenam atau segmen yang terakhir adalah closing statement Paslon,” kata Ketua KPUD NTB, Muhammad Khuwailid, belum lama ini.

Debat akan berlangsung selama 120 menit atau dua jam. Setiap Paslon didamping maksimal 100 orang tim kampanye. Sementara atribut kampanye tidak diperkenankan untuk dibawa.

“Jika nanti ada kejadian yang mengganggu perdebatan maka kita bisa saja mengeluarkannya,” ujar Anggota KPU NTB Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Agus Hilman.

Jalannya debat dapat disaksikan langsung melalui Youtube KPUD NTB atau di Trans TV.