Unram Baru akan Dibangun di Daerah Sepi dan Tertinggal

KoranNTB.com – Universitas Mataram (Unram) rencananya akan dipindah di luar Kota Mataram. Belum diketahui pasti di mana lokasi kampus tersebut akan dibangun, namun wacananya ada tiga alternatif lokasi pembangunan Unram baru, masing-masing adalah Lombok Utara, Lombok Timur dan Lombok Barat.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, mengatakan wacana relokasi Unram bertujuan untuk memajukan kampus tersebut sekaligus akselerasi perekonomian daerah yang menjadi lokasi baru Unram.

“Unram punya potensi besar untuk menjadi salah satu universitas terbaik di Indonesia. Pengajar-pengajarnya hebat dan lulusan kampus-kampus terbaik Indonesia dan dunia…,” tulis Zulkieflimansyah melalui akun media sosial miliknya, Senin, 15 April 2019.

Unram baru akan dibangun di lahan seluas 200 hingga 300 hektar. Pembangunan akan diprioritaskan di daerah sepi, luas dan tertinggal untuk memajukan daerah tersebut.

“Rencana mengembangkan Unram ke luar Mataram adalah ide yg sangat bagus. Kita pindahkan Unram ke tempat sepi, luas dan tertinggal. Kira-kira 200 atau 300 hektar,” jelasnya.

Gubernur menjelaskan, dengan dibangunnya Unram di wilayah terpencil dan sepi, maka daerah tersebut akan berkembang pesat.

“Daerah baru tempat kampus kita itu nanti akan jadi pusat pertumbuhan ekonomi baru di NTB. Daerah sepi dan tertinggal tersebut akan segera ramai dan menjelma menjadi kota baru,” terangnya. (red/6)