KoranNTB.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) NTB  menggelar simulasi evakuasi bencana gempa bumi di Gedung Kantor PLN Unit Induk Wilayah NTB, Jumat, 26 April 2019. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang jatuh pada tanggal 26 April 2019.

Diikuti oleh seluruh pegawai PLN UIW NTB, kegiatan simulasi ini merupakan upaya meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan pegawai dalam menghadapai ancaman bencana, khususnya gempa bumi.

“Latihan seperti ini harus terus dilakukan. Semakin terlatih tentu kita akan lebih siap. Practice makes perfect,” tutur General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka yang ikut serta dalam kegiatan simulasi tersebut.

Selain melihat kesiapan petugas evakuasi dan pegawai dalam menghadapi kondisi darurat, latihan seperti ini juga dilakukan untuk memastikan kondisi peralatan evakuasi yang tersedia dapat berfungsi dengan baik saat bencana terjadi.

“Semua peralatan juga harus selalu siap, oleh karena itu hari ini kita uji juga, seperti alarm, dan sebagainya,” tambah Rudi.

Rudi menilai kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dan keadaan darurat tentu akan meningkatkan peluang keselamatan.

“Semakin siap, tentu waktu evakuasi dapat berjalan lebih cepat dan tepat,” ucap Rudi.

Tidak hanya di Kantor Unit Induk, simulasi evakuasi kondisi darurat juga dilakukan serentak di Kantor Unit-Unit Pelaksana yang ada di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa, bekerjasama dengan Basarnas dan Dinas Pemadam Kebakaran di masing masing wilayah. (red/6)