Rotasi Bumi Melambat Picu Gempa Besar di Belahan Dunia

KORANNTB.com – Para ilmuwan telah menyadari bahwa rotasi bumi melambat. Penelitian itu diungkap sejak 2017 lalu, dan memprediksi gempa besar pada 2018 akan mengancam bumi.

Prediksi tersebut benar terjadi. Bahkan di tahun 2018, beberapa wilayah Indonesia dilanda gempa besar, seperti Lombok dan Palu. Bahkan, gempa juga sering terjadi di tahun 2019.

Dikutip dari Intisari.grid.id, pelambatan rotasi bumi telah dilihat secara sporadik sepanjang sejarah, namun baru menyadari pelambatan rotasi dapat memicu gempa besar.

Meksipun tidak dijelaskan secara rinci hubungan melambatnya rotasi bumi dengan gempa, namun para ahli meyakini melambatnya rotasi bumi memicu aktivitas seismik pada kerak bumi, yaitu gempa.

Penelitian dari Roger Bilham dari University of Colorado di Boulder dan Rebecca Bendick dari University of Montana di Missoula, mengungkap
dampak melambatnya rotasi bumi membuat kekuatan gempa meningkat tujuh kali lebih besar sejak 1900.

Itu terbukti dari adanya gempa 7 magnitudo yang sering muncul di tahun-tahun ini akibat melambatnya rotasi bumi.

Pada periode ini terungkap ada 25-30 gempa merusak dalam setahun yang terjadi di berbagai belahan bumi. Bahkan dalam setahun rata-rata terjadi 15 gempa dahsyat. (red)