Lombok Utara Gelar Pameran Pembangunan dan Produk Unggulan

KORANNTB.com – Untuk menyosialisasikan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat luas dalam bentuk kreatif dan interaktif, Pemda Lombok Utara menggelar pameran pembangunan dan produk unggulan daerah, Rabu, 21 Agustus 2019.

Bertajuk Mendorong Lombok Utara Bangkit dan Bangun Kembali di Lapangan Titana yang berlangsung selama lima hari. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Utara Drs. H. Suardi.

Hadir pula pada acara pembukaan pameran Wakapolres Lombok Utara Kompol. Dewa Gede Sucipta,  Perwira Penghubung Kodim 1606 Lobar Mayor Inf. I Nyoman Dirga, Ketua GOW Nani Tricahyani Sarifudin dan Ketua Dharma Wanita KLU Hj. Laeli Suardi, Para Asisten Setda KLU, beberapa Kepala OPD, Para Camat serta tamu undangan lainnya.

Bupati Lombok Utara dalam sambutannya yang diwakili Sekretaris Daerah KLU Drs. H. Suardi, menyatakan melalui pameran pembangunan masyarakat dapat melihat hasil-hasil pembangunan yang telah, sedang dan akan pemerintah daerah laksanakan.

Selain itu, masyarakat juga dapat melihat berbagai produk-produk hasil usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), baik yang dilakukan perorangan maupun kelompok usaha.

Dijelaskannya, pameran pembangunan ini mencerminkan KLU memiliki potensi kewirausahaan yang cukup produktif, sebagai daya topang dalam mendukung program pembangunan nasional dan program pembangunan daerah.

“Saya mengharapkan melalui momentum pameran pembangunan ini dapat menjadi medium yang tepat guna mempromosikan produk-produk unggulan daerah, penguatan jaringan dan perluasan informasi kepada publik. Oleh karena itu, saya mengimbau kepada seluruh OPD dan pelaku UMKM, untuk terus berupaya meningkatkan pembangunan pada berbagai bidang. Menginisiasi terobosan, utamanya dalam menarik penanaman investasi dan pengembangan sektor UMKM,” tuturnya.

Bentuk perhatian Pemda Lombok Utara dalam upaya pengembangan sektor UMKM dilakukan melalui langkah-langkah, Penumbuhan Wirausaha Baru (WUB) dengan jenis usaha pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan kehutanan. Selain mendorong upaya pendampingan dan pelatihan bagi perkembangan UKM sehingga menjadi UKM Mandiri, serta mendorong pengembangan ekonomi kreatif melalui pola kemitraan dengan lembaga keuangan mikro di desa, serta pembangunan infrastruktur (pasar UKM) sebagai upaya pemasaran hasil usaha kecil dan menengah.

Koordinator panitia pelaksana Kepala Bagian Ekonomi Setda KLU Ir. Moch. Wahyu Darmawan,  mengatakan pameran pembangunan dan produk unggulan daerah ini dilatari adanya upaya percepatan yang tengah dilakukan Pemda Lombok Utara, khususnya dalam proses pemulihan. Baik infrastruktur, ekonomi maupun sosial budaya masyarakat pascabencana yang terjadi setahun yang lalu.

Pelaksanaan pameran pembangunan dan produk unggulan daerah sekaligus mengkonsolidasikan segenap OPD, pelaku ekonomi dan masyarakat guna merefleksikan hasil-hasil pembangunan dan potensi pengembangan sosial ekonomi KLU ke depannya. Peserta kegiatan Pameran pembangunan diikuti oleh hampir seluruh OPD dan BUMD yang ada di Kabupaten Lombok Utara.

Di samping kegiatan pameran, diadakan pula acara malam hiburan berupa pentas seni yang diisi berbagai grup kesenian yang ada di Lombok Utara. Rangkaian acara ditutup dengan peninjauan stand-stand peserta pameran OPD dan UKM oleh Sekda Suardi didampingi Wakapolres, Pabung dan beberapa Kepala OPD beserta panitia pameran. (red)