KORANNTB.com – Seorang pemuda bernama Zainal Abidin (29) warga Paokmotong, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat diduga tewas dikeroyok polisi saat hendak mengambil motor miliknya yang ditilang di Kantor Satuan Lalulintas Polres Lombok Timur.

Kejadian yang terjadi pada Kamis, 5 September 2019 bermula saat korban terlibat cekcok dengan petugas di Kantor Satuan Lalulintas Polres Lombok Timur saat mengambil motornya yang ditilang polisi. Menurut informasi, Zainal Abidin sempat menggigit jari telunjuk kanan polisi bernama Nuzul Huzaen.

Akibatnya polisi memukul korban. Bahkan beberapa rekan polisi lainnya turut memukul korban. Tidak sampai di situ, saat korban digelandang ke ruang penyidik Reskrim Polres Lombok Timur, polisi juga mengeroyok korban karena tahu korban memukul polisi.

Heri, keluarga korban mengungkapkan saat korban diperiksa penyidik, dia sempat dikeroyok, sehingga beberapa saat kemudian korban jatuh lemas dan dilarikan ke rumah sakit. Sesaat kemudian korban meninggal dunia.

“Tapi sampai di ruang penyidik, begitu tahu kasusnya adalah memukul polisi, banyak polisi yang ikut mengeroyok dia,” ujar Heri, Minggu, 8 September 2019.

Media sosial juga digegerkan dengan foto Zainal Abidin sesaat sebelum meninggal. Terlihat luka lebam di mata kanannya dan di wajahnya.

Heri membenarkan kondisi korban. Dia mengatakan saat memandikan jenazah korban, banyak luka akibat dipukul di tubuh korban.

“Saat mandikan jenazah itu banyak sekali luka. Lebam di mata kanan,di telinga bengkak, sampai kaki biru kayaknya ditendang,” katanya.

Polisi Berdalih Korban Punya Riwayat Penyakit

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, mengatakan pihak keluarga dan polisi telah berdamai dan sepakat tidak meneruskan kasus ini ke jalur hukum.

Pihak kepolisian juga telah memberikan taliasih pada orang tua korban yang kabarnya berjumlah Rp32,5 juta.

Mengenai kasus tersebut, Kabid mengatakan awalnya korban datang ke Kantor Satuan Lalulintas Polres Lombok Timur untuk menanyakan sepeda motor miliknya yang ditilang.

“Akan tetapi Zainal Abidin bertanya dengan nada keras dan langsung memukul dan menggigit tangan, tepatnya jari telunjuk sebelah kanan anggota Patwal tersebut, kemudian korban sebagai anggota Polri langsung meringkus dan berhasil menghentikan aksi pelaku sehingga pelaku berhasil diamankan,” ujarnya.

Purnama menjelaskan, pelaku diamankan dan dibawa Anggota Satlantas ke Satuan Reskrim Polres Lombok Timur untuk dimintai keterangan.

“Pada saat pelaku dimintai keterangan oleh anggota Satuan Reskrim Lombok Timur, tiba-tiba pelaku tidak sadarkan diri dan terjatuh dari tempat duduknya,” tandasnya.

Menurutnya, berdasarkan keterangan pihak keluarga korban, bahwa korban sebelumnya memiliki riwayat penyakit kejiwaan dan sering mengkonsumsi obat. Tewasnya korban versi polisi akibat penyakit tersebut.

Masyarakat Geram

Banyak netizen ramai-ramai mengutuk aksi brutal yang dilakukan oknum polisi menganiaya korban. Mereka mengeluhkan polisi yang selama ini sering mengimbau masyarakat agar tidak main hakim sendiri justru bertindak anarkis dan main hakim.

Ketua LSM Kasta NTB, Muhanan, dengan tegas mengecam aksi brutal tersebut. Dia mendesak Kapolda NTB untuk memproses hukum oknum yang bertanggungjawab atas kematian Zainal Abidin.

“Kami meminta Kapolda NTB agar memproses hukum oknum-oknum tersebut, baik secara kedinasan maupun melalui KUHP,” katanya.

Muhanan mengatakan penganiayaan merupakan kejahatan yang bukan merupakan delik aduan, sehingga meskipun telah berdamai dengan keluarga korban, namun proses hukum harus tetap berlanjut.

“Perdamaian boleh dilakukan tapi tdk menghapus perbuatan yg dilakukan oleh oknum-oknum tersebut,” ujarnya. (red)

Foto: Kondisi Zainal Abidin sebelum tewas. (Istimewa)