KORANNTB.com – Pada 16 Oktober 2019 mendatang, NTB akan memasuki kulminasi utama atau yang sering disebut hari tanpa bayangan.

Kulminasi terjadi akibat matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit, akibatnya bayangan benda tegak akan terlihat menghilang karena tertumpuk dengan benda itu sendiri.

Fenomena kulminasi utama pada tanggal 16 Oktober 2019. Di Kota Mataram akan terjadi pukul 12.01 Wita. Sementara di daerah lainnya di luar NTB terjadi pada waktu atau hari berbeda.

Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, Luhur Tri Uji Prayitno, mengatakan fenomena hari tanpa bayangan akan berlangsung kurang dari satu menit.

“Durasi dimana suatu benda tidak ada bayangannya atau dikenal dengan sebutan hari tanpa bayangan berlangusung kurang dari satu menit,” katanya.

Antara wilayah di NTB berbeda-beda waktu dimulainya fenomena tersebut. Itu tergantung lintang lokasi masing-masing.

“Untuk wilayah NTB bagian utara lebih dulu baru bergerak ke tengah dan ke wilayah selatan. Beda satu menit tergantung lintang tempatnya,” ujarnya.

Fenomena kulminasi pada tanggal 16 Oktober 2019. Di Kota Mataram akan terjadi pukul 12.01 Wita. Sementara di daerah lainnya di luar NTB terjadi pada waktu atau hari berbeda.

Di Serang dan Jakarta terjadi pada 9 Oktober, Bandung dan Semarang pada 11 Oktober, Surabaya pada 13 Oktober, Yogyakarta pada 13 Oktober dan NTB dan Denpasar pada 16 Oktober mendatang. (red)

Foto: Ilustrasi (Getty)