KORANNTB.com – Seorang anak buah kapal (ABK) asal Filipina, Adan Jr (60) terjatuh dari geladak kapal, Jumat, 18 Oktober 2019.

Dia terjatuh dari geladak kapal MV. Mairaki yang melintas di perairan Lombok. Kondisinya cidera membuat pihak kapal menghubungi SAR Mataram untuk mengevakuasi ke rumah sakit.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram I Nyoman Sidakarya mengatakan korban  berhasil dibawa ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat menggunakan kapal Rescue Boat 220 Mataram.

“Pukul 16.00 Wita Tim SAR gabungan berhasil melakukan Medevac (evakuasi medis) terhadap korban   titik koordinat 08028.505 S 115052.266 E dan tiba di Pelabuhan Lembar pada pukul 17.56 Wita. Selanjutnya korban dibawa menuju Rumah Sakit Harapan Keluarga Mataram untuk mendapatkan perawatan lebh lanjut,” katanya.

Kapal tersebut berlayar dari Cina ke sejumlah negara. Namun saat melintas di perairan Lombok, seorang ABK terjatuh dari geladak kapal berbahan baja tersebut.

“MV. Mairaki merupakan kapal kargo yang berlayar dari Cina, Shanghai menuju australia, dampier. Setelah melakukan evakuasi, kapal tersebut kembali melanjutkan perjalanannya,” ujarnya. (red)