Catat, Wilayah di NTB Ini Diprediksi Diguyur Hujan Hingga Tiga Hari

KORANNTB.com – Mulai tanggal 30 Oktober 2019 hingga 1 November 2019, wilayah Nusa Tenggara Barat diprediksi akan diguyur hujan.

Berdasarkan hasil analisis Stasiun Meteorologi BIL Praya Lombok Tengah, potensi hujan di NTB berdasarkan data kondisi fisik dinamika atmosfer.

“Terdapat dua sirkulasi siklonik di perairan laut China Selatan dan laut Filipina. Suhu permukaan laut di perairan NTB berkisar antara 28°C hingga 30°C dengan anomali SST (-0,5°C – 1,0°C),” kata Kepala Stasiun Meteorologi BIL, Nanang Buchori, Rabu, 30 Oktober 2019.

Dia menjelaskan, kondisi tersebut mendukung pertumbuhan awan hujan di sebagian wilayah NTB.

“Angin permukaan di wilayah NTB bertiup dengan variasi arah dominan dari timur-selatan, dengan kecepatan maksimum 35km/jam,” ujarnya.

Untuk tiga hari ke depan wilayah di NTB yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat adalah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Utara, Sumbawa, Sumbawa Barat, Dompu dan Bima.

Untuk perkiraan tinggi gelombang, melebihi 2 meter di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, Perairan Selatan Sumbawa, Samudera Hindia Selatan NTB dan Selat Sape.

Masyarakat juga diimbau mewaspadai jalan tergenang saat berkendara, tanah longsor, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin. (red)

Link Banner
Link Banner