KORANNTB.com – Tanah longsor dan bebatuan kembali berserakan di jalan raya Sebau menuju Pusuk Sembalun Kecamatan Sembalun Lombok Timur, Kamis, 27 Februari 2020.

Tanah longsor dan bebatuan yang terbawa hujan mengakibatkan jalan di lokasi terganggu. Bahkan kendaraan roda empat tidak dapat melintas.

Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, mengatakan pihaknya bersama anggota Polsek Sembalun dan masyarakat setempat bersinergi menyingkirkan batu-batu dari jalanan dan membantu pengendara sepeda motor melewati jalan.

“Hujan yang deras dihadapkan dengan kondisi tanah yang labil mengakibatkan tanah longsor di sekitar Pusuk Sembalun dan meterial baik tanah dan bebatuan terbawa oleh air,” ujar Dandim.

Ia mengatakan sudah berkoordinasi dengan BPBD Lombok Timur untuk melakukan pembersihan jalan dari tanah dan batu sehingga jalan bisa dilewati kendaraan seperti biasa.

Ia mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam berpergian dan waspadai tempat yang rawan banjir, tanah longsor dan pohon tumbang dalam kondisi cuaca kurang bersahabat, agar tidak timbul kerugian baik materi maupun korban jiwa.

“Semoga bisa segera ditangani dengan baik sehingga akses jalan bisa digunakan kembali,” katanya. (red)