Kasatlantas Lombok Barat Mendadak Viral, Ini Deretan Prestasi

KORANNTB.com – Netizen di Nusa Tenggara Barat (NTB) dibuat terpesona dengan sosok Kasatlantas Polres Lombok Barat, Iptu Rita Yuliana.

Itu bermula saat Instagram Satlantas Polres Lombok Barat memuat video Iptu Rita menggunakan bahasa Mandarin dengan fasih memberikan ucapan selamat Imlek.

Netizen pun ramai memuji kecantikannya dan keahliannya menggunakan bahasa Mandarin.

Selain cantik dan jago berbahasa Mandarin ternyata Iptu Rita Yuliana pada tahun 2018 lalu, pernah menjadi satu-satunya perwakilan Polri yang mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program di Beijing Foreign Studies University (BFSU) Beijing, Negara Republik Rakyat Cina.

Program itu merupakan spesialis bahasa Mandarin yang diikuti oleh 33 negara dari tiga benua yakni Eropa, Asia serta Afrika. Di sana Iptu Rita yuliana juga sempat menorehkan prestasi, dimana ia mendapatkan Hanyu Shuiping Kaoshi (HSK) yakni ujian standardisasi kemahiran berbahasa mandarin bagi penutur asing yang hanya ditargetkan  mencapai HSK level 3, Polwan Cantik Polda NTB itu justru mendapatkan HSK level 4.

Rita yang ditemui pada Senin, 15 Februari 2021, mengaku awalnya ia membuat video ucapan tersebut untuk diberikan kepada teman-temanya yang berada di Kedutaan Besar China, polisi China, teman luar negeri negara lain di China dan teman satu program di China yang sekarang tinggal di negaranya masing-masing.

“Awalnya saya membuat video itu untuk diberikan kepada teman-teman saya di China dan teman-teman dari negara asing yang faham bahasa China. Karena mereka sedang merayakan Imlek di sana makanya saya membuat video itu,” ujar Iptu Rita.

Ia tak menyangka bahwa videonya tersebut bakalan viral dan menjadi pusat perhatian dari beberapa media online dan akun media sosial. Bahkan beberapa netizen di kolom komentar memuji kecantikan serta kemahiran Kasat Lantas Polres Lombok Barat itu dalam berbahasa Mandarin.

“Kalau viral saya masih kurang tahu sih. Awalnya saya memposting video itu di akun resmi Sat Lantas Polres Lombok Barat dan dari akun instagram lain seperti Polisi_Indonesia ikut merepost video tersebut sampai dengan kemarin saya dikirimi junior saya mengenai pemberitaan tentang video itu,” ucapnya.

“Saya juga mendapatkan keterampilan bahasa Mandarin ini di Beijing Foreign Studies University (BFSU) yang saat itu saya berkesempatan mewakili Polri mendapatkan beasiswa International Law Enforcement Liaison Officer Program,” katanya.

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto mengapresiasi  kemahiran dan sikap saling menghargai antar sesama yang ditunjukkan Iptu Rita.

“Bukan hanya kemahiran dalam berbahasa Mandarin saja yang ditunjukkan oleh Kasat Lantas Lobar ini. Dari sini kita juga bisa belajar untuk saling menghargai antar sesama dalam perayaan hari besar  orang lain,” katanya.

Artanto menyebut keahlian dan prestasi yang diraih Rita merupakan kebanggan tersendiri untuk Polda NTB.

“Kami bangga dengan personel yang berprestasi semacam ini. Ini perlu dicontoh oleh anggota lain,” katanya.

Ungkap Kasus Tari Bugil

Rita juga memiliki catatan keberhasilan mengungkap praktik tari bugil di salah satu klub malam wilayah Senggigi, Lombok Barat.

Saat itu dia bertugas di Subdit IV Ditreskrimum Polda NTB. Di sana dia melakukan penyelidikan dengan menyamar sebagai tamu klub.

Atas keberhasilannya, dia berhasil mengungkap praktik prostitusi di wilayah destinasi wisata yang sempat menghebohkan NTB, karena NTB menggunakan wisata halal sebagai branding pariwisata. (red)