Tinjau Dampak Banjir Dompu, Gubernur NTB Serahkan Bantuan

KORANNTB.com – Gubernur NTB Zulkieflimansyah meninjau langsung dampak dari banjir di Kabupaten Dompu, Senin, 1 Maret 2021.

Zulkieflimansyah didampingi Bupati Dompu, Kader Jaelani meninjau secara langsungĀ  lokasi banjir di Desa Daha, Kecamatan Hu’u Kabupaten Dompu.

Gubernur juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana banjir, longsor dan angir deras yang kapan saja bisa terjadi. Karena mengingat curah hujan akhir-akhir ini semakin tinggi.

“Masyarakat harus terus meningkatkan kewaspadaan akan bencana akibat curah hujan yg begitu tinggi di musim ini,” katanya.

Selain itu, gubernur juga menyerahkan bantuan kepada warga korban banjir.

Bantuan berupa air mineral, mie instan, terpal, selendang bayi, perlengkapan bayi, tikar, masker dan lainnya.

Sebelumnya, Kepala Pelaksana BPBD Dompu, Jufri, mengatakan dampak banjir mengakibatkan 36 unit rumah hancur, pagar masjid rusak dan menggenangi sekitar 50 hektare lahan pertanian warga.

“Banjir juga mengakibatkan saluran irigasi rusak berat sepanjang 50 meter,” katanya.

Dia mengatakan, penyebab banjir akibat lahan yang gundul karena pembalakan liar yang mengakibatkan rusaknya daerah resapan air.

“Banyak lahan tandus akibat penebangan liar sehingga mengurangi penyerapan air tanah,” katanya.

Selain itu, Jufri juga menjelaskan tumpukan sampah di sungai menjadi penyebab banjir.

“Banyaknya penumpukan sampah dan sedimen di area aliran sungai yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan dan penyumbatan aliran air sungai,” ujarnya. (red)

BACA:  Dompu Kembali Dilanda Banjir, 4 Rumah Hanyut Ratusan Mengungsi