Link Banner

PWLT dan Duta Lingkungan Galang Dana untuk Korban Banjir Bima dan NTT

KORANNTB.com – Paguyuban Duta Lingkungan Nusa Tenggara Barat (NTB) bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) melakukan penggalangan dana untuk korban bencana alam yang melanda warga Bima dan Flores Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa, 6 April 2021.

Aksi penggalangan tersebut dilakukan di sejumlah tempat di Kota Mataram, Lombok Tengah dan rencananya juga akan bergeser ke Lombok Timur.

Ketua Paguyuban Duta lingkungan NTB, Samsul Hadi mengungkapkan, aksi penggalangan dana tersebut merupakan bagian dari kegiatan yang sudah melekat di tubuh Paguyuban Duta Lingkungan NTB.

“Sebagai sebuah lembaga yang memang berbasis sosial, maka penggalangan dana sebagai kepedulian terhadap korban bencana secara otoamatis akan kita lakukan dengan mengerahkan semua kekuatan,” jelas Samsul Hadi di sela-sela mendampingi anggota paguyuban Duta Lingkungan saat penggalangan dana di simpang empat Puyung, Lombok Tengah.

Disadari Samsul Hadi yang kerap disapa Adi Ello, aksi penggalangan dana itu tidak serta merta akan menyelesaikan semua persoalan para korban musibah banjir tersebut. Namun, setidaknya bisa meringankan beban mereka.

“Kami berharap setidaknya apa yang kami lakukan bisa meringankan beban para korban melalui keringanan hati masyarakat yang telah bersimpati memberikan donasi melalui Paguyuban Duta Lingkungan NTB,” imbuhnya.

Adanya musibah banjir itu, kata dia, Paguyuban Duta Lingkungan NTB akan lebih menekankan lagi pentingnya pelestarian lingkungan.

“Musibah banjir itu jadi pemicu kami untuk terus meningkatkan lagi sosialisasi dan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan,” kata Adi Ello.

Sebelumnya, kegiatan penggalangan dana telah dilakukan di Kota Mataram, dan rencananya akan dilakukan di Lombok Timur bekerjasama dengan elemen mahasiswa di Lombok Timur.

Sementara itu, Duta Lingkungan NTB tahun 2020, Agustina Rahmawati mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat pengguna jalan yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu para korban bencana alam.

BACA:  Akibat Siklon Seroja: 2 Warga Bima Meninggal, 29.182 Jiwa Terdampak

“Alhamdulillah kami bangga menjadi bagian dari orang-orang yang peduli terhadap sesama. Dengan senang hati dan ihklas kami melakukan kegiatan ini bersama teman-teman yang lain,” ujar Agustina.

Selain bisa membantu sesama, kegiatan penggalangan dana tersebut bagi Agustina, merupakan sebuah pembelajaran berharga bagi dirinya dan kawan-kawan yang tergabung dalam keluarga besar Paguyuban Duta Lingkungan NTB.

“Ini mengajarkan kami tentang bagaimana peduli sesama dan peduli lingkungan sekitar. Ternyata, benar kata orang kalau berbagi itu indah dan ini memang sangat menyenangkan. Terimakasih buat semua masyarakat yang telah berbagi melalui kami,” ucap dara cantik asal Kota Mataram ini.

Dirinya bersama-sama yang lain, khususnya keluarga besar Paguyuban Duta Lingkungan NTB, lanjut Tina, akan terus korbarkan semangat untuk peduli terhadap lingkungan dan peduli terhadap sesama.

“Hutanku Lestari, alamku asri, penopang NTB Gemilang,” tutup Tina yang juga seorang penyiar radio di NTB ini.

Sebagai informasi, Paguyuban Duta Lingkungan NTB dibentuk oleh Persatuan Wartawan Lombok Tengah (PWLT) yang setiap tahun melakukan upaya pelestarian lingkungan dengan penghijauan terutama di sumber-sumber mata air di Lombok Tengah.

Selain penghijauan dan pembersihan pantai, PWLT dan Duta Lingkungan NTB kerap melakukan aksi-aksi sosial lainnya dengan menggandeng sejumlah pihak terkait di daerah ini. (red)

Link Banner
Link Banner
Link Banner