KORANNTB.com – Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Nusa Tengara Barat (NTB) siap menyambut gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika, November mendatang.

Landasan pacu bandara sepanjang 3.300 Km sudah tuntas dikerjakan dan bisa melayani pesawat berbadan lebar jenis Boeing 777, yang biasa digunakan sebagai pesawat cargo WSBK dan Moto GP.

“Secara umum Bandara Lombok sudah siap. Panjang runway saat ini 3.300 Km, bisa untuk pesawat cargo Boeing 777,” kata GM Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Nugroho Jati, saat menerima kunjungan Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal bersama jajaran Komisi 2 dan Komisi 3 DPRD Lombok Tengah, Senin 20 September 2021, di BIL Lombok Tengah.

Jati menjelaskan, proses perpanjangan runway yang sudah tuntas kemudian akan diverifikasi oleh Kementerian Perhubungan untuk selanjutnya dinyatakan sudah bisa operasional.

Selain runway yang sudah diperpanjang, terminal penumpang di Bandara Lombok juga diperbesar kapasitas daya tampungnya.

“BIL sudah siap menyambut WSBK dan MotoGP Mandalika, Inshaa Allah,” ujar Jati.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal mengapresiasi jajaran Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok yang sudah melakukan percepatan dan pembenahan untuk menyambut event berskala internasional di Mandalika, WSBK November 2021 dan juga MotoGP 2022 mendatang.

“Kita bersama jajaran DPRD Lombok Tengah sudah melihat langsung progress kesiapan BIL dalam menyambut WSBK. Dan, saat ini BIL sudah sangat siap,” kata Faozal.

Faozal mengatakan, secara umum kesiapan sektor perhubungan dalam menyambut gelaran WSBK November mendatang sudah matang. Baik untuk moda udara, laut dan juga darat. (red)