Kekurangan Kamar, Bali Bersiap Tampung Penonton MotoGP

KORANNTB.com – NTB kekurangan kamar untuk menampung penonton MotoGP Mandalika. Hunian di Lombok jelang MotoGP naik dengan pesat. Bahkan kamar-kamar hotel telah penuh dipesan.

Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Jenderal (Purn) Hadi Tjahjanto, mengatakan pemerintah mengizinkan MotoGP ditonton 65 ribu orang. Namun ketersediaan kamar di Lombok hanya sekitar 16 ribu kamar.

Skenario pemenuhan kebutuhan kamar juga sudah dilakukan, mulai dari homestay milik warga lingkar Mandalika, penginapan atau hotel di Bali, namun itu belum memenuhi kebutuhan penonton. Total hanya tersedia 42 ribu kamar, yang artinya kekurangan 20 ribu kamar lagi.

Opsi mendatangkan kapal pesiar dari Singapura juga diutarakan. “Saat ini sudah ada dua kapal cruise (pesiar) dari Singapura yang siap datang ke Lombok,” kata Hadi.

Namun itu hanya memiliki daya tampung 2 ribu kamar. Artinya masih banyak kebutuhan kamar yang diperlukan. Apalagi kapal yang datang tidak dalam kondisi kosong, karena mengangkut penumpang yang akan nonton MotoGP.

Solusi lainnya yang saat ini dipersiapkan adalah dengan menghadirkan penginapan ala camping. Saat ini akan dipersiapkan area camping ground di Lombok. (red)

BACA:  Marc Marquez Berpeluang Ikut Tes Pra-musim di Mandalika