Dinas Perdagangan NTB Siapkan 12 Spot UMKM Sambut MotoGP

KORANNTB.com – Dinas Perdagangan Provinsi NTB akan menyiapkan setidaknya 12 spot UMKM menyambut gelaran event sport tourism, MotoGP Mandalika, Maret 2022 mendatang.

“Dari hasil rapat terakhir bersama Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian, dan Dinas Pariwisata, kita konsepkan untuk menyiapkan 12 spot, titik untuk UMKM saat MotoGP Mandalika digelar nanti,” kata Sekretaris Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti.

Spot UMKM itu akan tersebar di kawasan KEK Mandalika dan luar Mandalika, seperti di areal Parkir Timur, Parkir Barat, kawasan Sirkuit, areal Bazaar Mandalika, Beach Park Kuta Mandalika, Bandara BIZAM, eks Bandara Selaparang, Taman Sangkarean, RS Mandalika, dan Islamic Center.

Nelly menjelaskan, pemetaan spot UMKM tersebut dilakukan berdasarkan evaluasi dan analisa pasar dari pengalaman perhelatan World Superbike (WSBK) November 2021 lalu.

Berdasarkan evaluasi, jenis UMKM yang laris manis saat gearan WSBK adalah food and beverage atau kulinari. Para penonton WSBK sampai harus ke Mataram untuk kebutuhan makan.

“Evaluasi WSBK kemarin, yang paling laris ternyata Food and Beverage. Ekraf justru kurang. Sehingga untuk MotoGP nanti kita dorong 80 persen UMKM itu kuliner,” katanya.

Menurutnya sekitar 1000 pelaku UMKM akan dilibatkan dalam 12 spot UMKM tersebut.

Selain kuliner, untuk produk ekraf juga diberi ruang, untuk produk yang punya peluang pasar.

“Untuk ekraf bisa topi anyaman atau slayer, yang saat WSBK kemarin laris juga karena panas,” katanya.

Nelly berharap para pelaku UMKM di Lombok dan NTB pada umumnya bisa menangkap peluang gelaran MotoGP Mandalika Maret mendatang.

Persiapan 12 spot UMKM ini terus dikoordinasikan dengan stakeholders lain termasuk Dinas Perindustrian, Dinas Koperasi, dan Dinas Pariwisata.

“Jadi masing-masing Dinas mengambil peran sesuai bidangnya, kita kolaborasikan. Sebab MotoGP ini bukan hanya bicara Lombok, atau NTB. Tetapi juga Indonesia,” katanya. (red)