KORANNTB.com – Hujan terus mengguyur di sebagian wilayah NTB. Bahkan di Lombok, hujan terasa cukup lama.

Cuaca yang tidak menentu membuat banyak warga terserang flu. Mulai dari batuk, pilek, demam hingga meriang.

Untuk itu, perlu diantisipasi dengan pola hidup yang sehat. Mulai dari rajin mencuci tangan, istirahat yang cukup, makan makanan bergizi, menggunakan masker, kurangi kontak langsung dengan orang yang sakit, dan tentunya rajin berolahraga.

Jangan lupa juga untuk menyediakan jas hujan selama berpergian. Itu untuk mengantisipasi tiba-tiba hujan turun khusus untuk yang menggunakan sepeda motor.

Hal penting lainnya adalah menggunakan jaket dan membawa masker cadangan. Jaket berfungsi melindungi anda dari suhu udara yang dingin. Sementara masker cadangan berfungsi untuk mengganti masker yang anda kenakan jika basah. Karena masker basah justru menjadi tempat bersarangnya virus.

Bagaimana jika anda mengalami gejala flu? Tentu saja harus segera diantisipasi dengan mengkonsumsi obat yang ditemukan di apotek maupun melalui resep dokter.

Untuk gejala meriang, obat yang umum digunakan adalah Paracetamol dan Ibuprofen. Obat ini bisa dikonsumsi sekaligus setelah anda makan.

Jangan lupa kurangi mengkonsumsi minuman dingin, dan digantikan dengan minuman hangat atau yang terbuat dari rempah-rempah. Itu untuk menjaga kondisi tubuh anda. (red)

Foto: Ilustrasi/Shutterstock