KORANNTB.com – Anda memiliki aktivitas ke luar rumah yang cukup padat? Jika iya, memiliki motor sendiri menjadi pilihan yang penting. Dibandingkan dengan mobil, motor memiliki keunggulannya sendiri. Lebih praktis dan mudah dikemudikan.

Nah, buat Anda yang hendak membeli motor. Ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Mengapa? Sebab membeli motor tak boleh sembarangan. Setiap motor juga memiliki spesifikasi yang berbeda. Karena itu, perhatikan tips memilih motor berikut agar Anda tidak salah beli.

5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Motor

Apa saja sih yang harus Anda perhatikan sebelum membeli motor? Utamanya, pertimbangkan 5 tips berikut. Agar Anda mendapatkan motor sesuai kebutuhan.

1.Kondisi Jalan yang akan Dilalui Setiap Hari

Memperhatikan kondisi jalanan yang akan sering Anda lalui setiap harinya adalah hal penting yang harus Anda pertimbangkan. Apakah jalanan tersebut luas atau sempit? Sering macet atau lancar? Beraspal licin atau berbatu terjal? Banyak tanjakan atau lurus saja?

Dari semua kondisi jalanan tersebut, Anda jadi bisa melihat spesifikasi motor seperti apa yang Anda butuhkan. Mulai dari profil ban, suspense, ketinggian motor, dan lain-lain. Anda bayangkan saja, motor yang mesinnya cukup rendah tidak cocok untuk jalan yang dipenuhi batu terjal.

Sehebat apapun kemampuan bermotor yang Anda miliki, bagian mesin akan sering terbentur dengan batu. Ini akan membuat kondisi tidak nyaman dan berkendara jadi cepat melelahkan. Berbeda jika Anda membeli motor yang cukup tinggi.

2.Ukuran Tubuh Pengendara

Ukuran tubuh diyakini juga mempengaruhi kenyamanan berkendara. Jadi Anda perlu memperhatikan postur tubuh Anda. Jika Anda berbadan kecil, tidak disarankan untuk membawa motor yang ukurannya lebih besar dari tubuh Anda.

Pada kondisi jalan tertentu, Anda akan membutuhkan tenaga ekstra dalam mengendalikannya. Misalnya, saat macet kaki Anda akan terasa pegal ketika turun karena harus menahan beban motor yang berat.
Begitu pula sebaliknya, Anda yang berbadan besar dan memakai motor kecil akan merasa cepat lelah ketika mengendarainya.

3.Kemampuan Berkendara

Jenis-jenis motor bisa dilihat dari cara penggunaannya. Ada motor kopling dan matic. Untuk motor matic, mesin bisa dinyalakan dengan cara menekan tombol stater sambil menarik salah satu tuas rem. Cara mengemudinya juga mudah, cukup menarik gas sesuai dengan kecepatan yang Anda butuhkan.

Sementara motor kopling, mesin dapat pula dinyalakan dengan menekan tombol stater namun tanpa harus menarik tuas rem. Untuk mengemudikannya lebih rumit. Anda harus menyesuaikan kecepatan motor dengan gear position. Sehingga Anda harus fokus menjaga keseimbangan antara kaki kiri dan tangan kanan.

Dari dua jenis motor tersebut? Mana yang lebih Anda kuasai. Sangat disarankan untuk membeli motor sesuai jenis motor yang bisa Anda kemudikan dengan baik.

4.Nilai Ekonomis Operasional Motor

Nilai ekonomis juga penting sekali di dalam tips memilih motor. Sebab, hal tersebut berkaitan erat dengan budget yang Anda miliki. Jangan sampai Anda memaksakan diri memiliki barang yang harganya di luar kemampuan Anda.

Anda juga harus memperhatikan kondisi motor dari mesin dan spare part. Misalnya kebutuhan bahan bakar dan ketersediaan bagian-bagian motor dengan harga terjangkau. Sayang bukan, membeli motor bagus tetapi ternyata perawatannya lebih mahal?
Kecuali memang Anda menggunakannya untuk koleksi dan tidak menghitung nilai ekonomis di dalamnya. Itu sebabnya di sini ditekankan pentingnya membeli motor sesuai kebutuhan.

5.Fitur pada Motor

Pada bagian fitur, Anda harus memperhatikan komponen motor secara keseluruhan. Mulai dari bagasi, rem, klakson, persneling, penyangga, sampai gas motor. Hal ini untuk membantu memudahkan Anda ketika mengemudi nantinya.
Pada motor matic misalnya, mesin motor akan otomatis mati ketika penyangga diturunkan. Beberapa motor maticnya juga mesinnya akan berhenti bekerja ketika di lampu merah.

Selain untuk memudahkan saat mengemudi. Fitur motor juga bisa Anda sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda suka membawa banyak barang. Anda bisa memilih motor yang bagasinya cukup besar dibandingkan bagasi motor biasanya.

Rekomendasi Motor yang Tepat untuk Kebutuhan Sehari-hari

Dulu motor matic diminati oleh mereka yang tak bisa mengendarai motor bebek atau motor kopling. Namun makin ke sini, motor matic semakin diminati oleh siapa saja. Alasannya, karena jenis motor ini memang lebih praktik dari segi model dan penggunaan.

Buat Anda yang hanya bisa mengendarai motor matic, juga bagi Anda yang tertarik dengan motor matic. Anda dapat membeli motor Yamaha XmaX. Salah satu motor maxi scooter alias matik dari Yamaha. Yamaha sendiri merupakan merk motor terkemuka di Indonesia.

Yamaha Xmax memiliki body yang ramping sebagaimana Yamaha Mio yang sudah lama hadir, tetapi lebih besar sehingga menimbulkan kesan sporty. Warnanya terdiri dari 3 pilihan dengan dasar hitam.

Motor matic yang satu ini cocok digunakan oleh siapa saja. Sehingga Anda juga bisa memilikinya untuk menunjang aktivitas keseharian Anda. Ditambah lagi, Yamaha Xmax hemat bahan bakar dibandingkan motor sejenis dan sekelasnya.

Lalu di mana membelinya? Anda bisa membeli Yamaha Xmax di Blibli. Ini lebih praktis ketimbang Anda harus datang ke dealer. Blibli melayani pembelian motor matic ke seluruh Indonesia. Jadi, di mana pun Anda berada, Anda tinggal duduk manis menunggu motor Anda datang.
Ingin beli cash atau credit di Blibli? Semua bisa diatur dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Apalagi di sini ada cashback, diskon ongkos kirim, dan segudang keuntungan berbelanja lainnya.

Jadi, yuk perhatikan kembali tips memilih motor di atas dan pilihlah Yamaha Xmax yang memiliki body sporty! Belinya tentu saja di Blibli!(red)