KORANNTB.com – Hari raya Nyepi di Pulau Dewata Bali membuat wisatawan memilih untuk lari ke tiga Gili di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kamis, 3 Maret 2022.

Destinasi di Lombok Utara yang didatangi adalah Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air.

Ketua Gili Hotel Association, Lalu Kusnawan, mengatakan momentum Nyepi malam ini membuat sekitar 1.500 turis mancanegara yang berlibur di Bali memilih pergi ke Lombok.

“Sekitar 1.500 (turis) datang ke tiga Gili,” kata Kusnawan.

Para wisatawan datang menggunakan fast boat langsung menuju tiga Gili. Mereka memilih menghindari momen Nyepi dan berlibur di keramaian Lombok.

“Mereka pakai fast boat dari Bali langsung ke tiga Gili. Semacam escape to 3 Gili,” ujarnya.

Rata-rata turis dari Bali ke Lombok pada momen hari raya Nyepi ini akan tinggal selama dua hingga lima hari ke Lombok, kemudian balik lagi ke Bali.

“Periode of stay dua sampai dengan lima hari,” katanya.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Ari Garmono, mengatakan setiap tahun saat momen Nyepi, turis dari Bali akan ke Lombok. Mereka biasa datang dua hari sebelum Nyepi.

Ari mengatakan itu adalah momen yang baik untuk mempromosikan akomodasi di Gili menjelang MotoGP.

“Dua hari terakhir menjelang Nyepi masuk 1.135 orang dari Bali. Itu berkah yang baik menjelang MotoGP di mana itu bisa menjadi momentum untuk mempromosikan akomodasi di Gili sebagai destinasi dan kawasan penunjang menjelang MotoGP,” ujarnya.

Terlebih lagi, saat ini trend pandemi mulai menurun di NTB. Itu menjadi ‘angin segar’ terhadap pertumbuhan sektor pariwisata NTB, khususnya Lombok.

“Apalagi kan tren pandemi semakin menurun. Ini akan memberikan rasa percaya diri wisatawan untuk kembali berkunjung ke NTB. Insya Allah pariwisata NTB bergerak ke arah yang positif,” katanya. (red)

Foto: Ilustrasi wisatawan tiba di Gili Trawangan