KORANNTB.com – Gubernur NTB  Zulkieflimansyah diberikan kesempatan memberi sambutan atas nama Wali Paer Gumi Gora dalam acara Sangkep Agung Aliansi Sasak Lombok Indonesia (ASLI), Minggu 15 Mei 2022, di Taman Budaya NTB, Kota Mataram.

Acara tersebut merupakan acara pengukuhan pengurus ASLI. Wadah tersebut terbentuk melalui kesepakatan para diaspora NTB yang ada di seluruh Indonesia. ASLI adalah satu satunya organisasi Diaspora masyarakat Sasak yang di level nasional bahkan internasional.

Gubernur Zulkieflimansyah mengatakan, dirinya dan pemerintah Provinsi NTB sangat mendukung  langkah dan program Diaspora NTB yang tersebar di seluruh Indonesia untuk berkontribusi terhadap pembangunan daerah.

“Apalagi saat ini NTB sudah menjadi perhatian Dunia, MotoGP, MXGP dan beberapa event internasional dipercayakan pemerintah pusat digelar di NTB,” ujarnya.

Pertemuan besar para tokoh adat dan budaya Sasak Lombok itu membahas peran strategis para diaspora Lombok di seluruh penjuru tanah air untuk pembangunan bangsa, dan juga daerah NTB.

Wali Pucuk MAS NTB, Prof Mansur Maksum menjelaskan, ASLI terbentuk melalui kesepakatan para diaspora NTB yang ada di seluruh Indonesia.

“ASLI adalah satu satunya organisasi diaspora masyarakat Sasak Lombok yang ada di level nasional bahkan internasional,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Pucuk MAS NTB, Prof Mansur Maksum juga menyampaikan bahwa Majelis Adat Sasak (MAS) belum memiliki sekretariat atau kantor.

Hal tersebut langsung dijawab oleh Gubernur Zulkieflimansyah pada sambutannya untuk dipersilahkan kepada MAS memilih kantor pemerintah mana saja yang bisa ditempati sebagai sekretariat MAS.

Sangkep Agung ASLI dihadiri sejumlah tokoh besar seperti Lalu Azhar (Mantan Wagub NTB 1995-2001), Lalu Serinata (Mantan Gubernur NTB), Lalu Suryadi Jaya Purnama (Anggota DPR RI Dapil Lombok), Prof. Mansur Ma’sum (Wali Pucuk MAS NTB), Lalu Bayu Windiya (Ketua Harian Majelis Adat Sasak NTB), Lalu Winengan (Ketua Desak Satu NTB), Datu Siledendeng Lalu Putria, serta para tokoh adat masyarakat Sasak Perwakilan Diaspora Masyarakat NTB seluruh Indonesia. (red)

Ralat: Berita ini telah melalui proses ralat, yang sebelumnya tertulis ‘Gubernur NTB dinobatkan sebagai Wali Paer Gumi Gora NTB,’ diralat setelah melalui proses verifikasi.