KORANNTB.com – Brand lokal asal Kota Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jaleela sukses menyihir para pecinta fashion dengan koleksi produk terbaru mereka.

Setelah sukses memikat para puan dengan koleksi kebaya dan tunik yang anggun, Jaleela, kini me-launching produk tas dan sepatu yang tak kalah menarik.

Produk tas dan sepatu Jaleela tidak hanya memiliki motif dan desain yang khas, namun memiliki inspirasi yang menarik untuk ditelisik. Putri, sapaan akrab Co-founder Jaleela mengungkapkan, Jaleela tidak hanya memikirkan business yang sustainable melalui bahan produk yang ramah lingkungan, namun juga dengan pemanfaatan limbah kain agar bumi lebih terselamatkan.

“Banyaknya potongan-potongan kain yang tidak digunakan memicu kami untuk mulai memikirkan manfaat dari sisa kain tersebut. Tercetuslah sepatu dan tas, sebagai langkah awal kami untuk mengurangi limbah kain dan mengolahnya menjadi barang yang bernilai jual,” ujar Putri, Sabtu, 25 Juni 2022.

Potongan kain dari sisa bahan perca untuk pembuatan kebaya dan tunik tersebut disulap menjadi sepatu dan tas yang  bermotif bunga dan ethnik. Setiap motif yang ada memiliki makna khusus sesuai dengan konsep yang ditentukan.

Produk tas maupun sepatu tersebut menjadi fashion item yang melengkapi set kebaya dan rok dengan pilihan warna yang senada. Hal ini lah yang menjadi perhatian Jaleela, memenuhi kebutuhan customer agar set pakaian yang digunakan menjadi seragam atau matching.

“Penggunaan bahan yang sama antara kebaya, tas, dan sepatu mempermudah customer memiliki penampilan yang matching dengan harga yang masih terjangkau” jelas Putri.

Untuk produk tas, saat ini Jaleela memiliki dua tipe, yaitu Sling bag dan Hand bag. Sementara, untuk sepatu, Jaleela menyediakan size atau ukuran dari 36-40.

“Kedua produk tersebut masih senada dengan warna-warna kebaya maupun rok dengan tone Latte, Sage, grey, ataupun mocca,” katanya.

Ditekankannya, produk Jaleela sangat spesial dan berbeda dari brand atau merek yang lain, karena desain tas dan sepatu jaleela memiliki handmade detail unik dan bahan yang tahan lama atau longlasting.

Saat ini, Jaleela memiliki 23 desain produk yang terbagi ke dalam 4 kategori. Mulai dari atasan atau top wear atau kebaya yang terdiri dari Runa Top, Sierra Top, Shea Top, Kalina Top, Kamala Top, Malea, Mallory. Top wear ini dikatakan Putri menjadi best seller sejak tahun lalu.

Kemudian, daily wear Jaleela terdiri dari inner (dalaman), serta produk skirt (rok) yang terdiri dari farah skirt dengan motif ethnic bahan katun, rumi skirt dan kiara yang berbahan satin, serta selena skirt, Jemma skirt, dan Tutu skirt yang terbuat dari perpaduan bahan katun dan satin.

“Sejak setahun yang lalu rok berbahan satin menjadi best seller karena ragam warnanya banyak, ada  neutral color, seperti Milo, Cocoa, romantic seperti Lilac, Dusty peach, dan  monochrome seperti Pigeon dan Black,” ujarnya.

Dengan di-launchingnya produk tas dan sepatu menjadi penambah kategori produk Jaleela yakni aksesoris yang terdiri dari loui shoes, jane shoes, emma bag, dan kim bag.

Motif bunga dan ethnik yang dihadirkan produk Jaleela kata Putri ditujukan untuk mengharumkan dan memperkenalkan Lombok, dan Indonesia. Hal itulah kemudian yang menjadi saya tarik pembeli yang tidak hanya dari Indonesia namun juga Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Brunei, China, dan Taiwan, bahkan pasar Eropa.

“Pembeli juga ada yang dari Eropa, namun masih terkendala pilihan ekspedisi,” ujarnya.

Untuk pembelian produk Jaleela sendiri dapat dilakukan melalui akses website Jaleela dan akun instagram, beberapa marketplace seperti shopee dan tokopedia. (red)