KORANNTB.com – MXGP Samota telah sukses digelar di Sumbawa. Kesuksesan tersebut dapat dilihat dari perputaran uang selama pelaksanaan ajang balapan motor cross dunia itu.

Berdasarkan data statistik yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) NTB, perputaran uang mencapai Rp154 miliar dan dihadiri 55.000 penonton.

Dari laporan BPS, masyarakat atau penonton lebih memilih mencari produk sovenir yang memiliki label MXGP. Bahkan, ke depan Pemerintah Provinsi NTB akan menawarkan paket wisata kepada penonton.

“Sehingga, penonton tidak hanya datang menikmati balap, namun dapat berkunjung ke berbagai destinasi wisata yang ada di Pulau Sumbawa, seperti Pulau Moyo, Gunung Tambora, dan lain-lain,” kata Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Jumat, 15 Juli 2022.

Kepala BPS NTB, Wahyudin mengatakan, pendapatan dari sektor akomodasi dan konsumsi mencapai angka Rp35 miliar. Sementara dari sektor konstruksi, untuk area sirkuit pendapatan mencapai angka Rp34 miliar. Bahkan, di sektor pertanian memperoleh pendapatan Rp12 miliar.

“Karena seluruh kebutuhan konsumsi berasal dari sektor pertanian,” ujarnya.

Meski demikian, dari total 55.000 penonton, 98 persen merupakan warga NTB, dengan didominasi masyarakat Kabupaten Sumbawa mencapai 65 persen.

Penonton dari Pulau Lombok sebanyak 14 persen, dari luar NTB sebanyak 1 persen dan dari luar negeri sebanyak 0,03 persen. (red)