KORANNTB.com – Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dibuat kesal dengan ulah Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky yang tidak mau mengaku rudal yang jatuh di Polandia adalah milik militernya di Kiev.

Zelensky sebelumnya menuding rudal yang menewaskan dua warga Polandia itu ditembak oleh Rusia. Namun fakta terungkap bahwa sangat mustahil rudal Rusia bisa jatuh ke Polandia.

Penyelidikan NATO dan Polandia menyimpulkan rudal yang jatuh di sebuah desa di Polandia adalah milik militer Ukraina untuk mempertahankan diri dari serangan misil Rusia.

Seorang diplomat NATO berbasis di Kiev Ukraina, mengatakan Ukraina telah menghancurkan kepercayaan NATO.

“Ini semakin konyol. Ukraina menghancurkan kepercayaan (kami) pada mereka. Tidak ada yang menyalahkan Ukraina dan mereka secara terbuka berbohong. Ini lebih merusak daripada rudal,” disadur dari Financial Times.

Sebelumnya, Rusia sempat menjadi yang dituduh saat rudal menghantam Polandia. Negara-negara NATO yang sedang melaksanakan KTT G20 di Bali mengadakan rapat internal.

Namun belakangan terungkap, Zelensky sedang berbohong untuk mengkambinghitamkan Rusia atas rudal yang jatuh di Polandia.

Polandia diketahui merupakan anggota NATO. Dalam peraturan NATO, jika ada negara di luar NATO yang menyerang anggota NATO, maka semua negara yang tergabung NATO boleh menyerang negara yang menyerang tersebut. (red)

Foto: Facebook Volodymyr Zelensky