KORANNTB.com – Jika berkunjung ke suatu tempat, tentu banyak orang ingin mengabadikan momennya saat berada di tempat tersebut.

Bagi yang berkunjung ke Mataram dan masih bingung mencari spot foto yang identik dengan Mataram dan bahkan identik dengan Pulau Lombok, ini deretan lokasi spot foto menarik.

1. Islamic Center

Instagram @islamiccenter_ntb

Rekomendasi paling pertama adalah di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center. Masjid era Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi ini cocok untuk lokasi swafoto.

Direkomendasikan untuk berfoto pada malam hari, karena saat itu lampu-lampu masjid akan sangat terang dan Instagramable. Pastikan sudut terbaik untuk berfoto sehingga dapat sempurna. Sisi depan bagian timur paling pas untuk berfoto, karena masjid akan terlihat sempurna dalam lensa kamera.

2. Tembolak Pelangi

Google Map 

Tembolak Pelangi berada di pintu masuk Mataram di Bypass BIL II sekitar Jalan Lingkar Selatan.

Tempat ini memang menjadi langganan wisatawan untuk berfoto. Ini menjadi ciri khas Kota Mataram yang memiliki bentuk seperti tudung saji khas suku Sasak.

Tapi ingat, selalu berhati-hati saat berfoto di sini. Karena lokasinya di jalan. Pastikan Anda aman dari kendaraan yang melintas saat berfoto.

3. Kota Tua Ampenan

Instagram @dedi_setiawan10

Kota Tua Ampenan memang sangat pas untuk lokasi foto. Bangunan di sana peninggalan Belanda yang cukup tua namun tertata. Jika Anda berada di sana, seperti sedang berada sejak zaman sebelum kemerdekaan dulu.

Ampenan dulu memiliki pelabuhan yang menjadi lokasi strategis berniaga. Kedatangan Belanda ke Lombok untuk menaklukkan Kerajaan Mataram juga datang dari Ampenan. Di sana adalah kota sejarah sekaligus kota yang hidup dengan berbagai etnis seperti China, Arab, Sasak, dan lainnya.

4. Taman Mayura

Instagram @inengahsuarna

Taman Mayura di Mataram menjadi lokasi yang strategis dan cocok untuk berfoto. Di sana adalah bekas Kerajaan Mataram yang sempat berdiri di Lombok. Terdapat kolam air beserta  pura yang indah. Ini menjadi lokasi bersejarah.

5. Loang Baloq

Instagram @ivanmardiansyah

Pantai Loang Baloq menjadi tempat favorit berfoto. Lensa kamera Anda dapat dengan sempurna menangkap lembayung senja di sana.

Jika berpose dari depan dengan latar senja, akan menampilkan foto siluet  yang indah nan sempurna.

6. Udayana Mataram

Udayana Mataram (ist)

Udayana Mataram menjadi lokasi ruang terbuka hijau warga Mataram. Setiap hari Minggu pagi, di sana diselenggarakan Car Free Day. Sementara di malam hari, Udayana tampak hidup dengan hiasan lampu jalan yang indah.

Sisi kanan dan kiri Udayana terdapat lapak jualan kuliner khas Lombok, seperti Sate Bulayak dari daging sapi dengan bumbu khas. Jika boleh sedikit berlebih, Udayana seperti Malioboro Yogyakarta. (red)