KORANNTB.com – Lombok Epicentrum Mall disomasi warga akibat menggelar konser musik yang mengganggu warga sekitar. Malam nanti, Rabu, 4 Januari 2023, konser musik Sheila on 7 akan digelar di Parkir Timur Epicentrum Mall.

Dua warga melalui kuasa hukumnya, Dr. Umaiyah, SH., MH., telah mengajukan somasi kepada manajemen Lombok Epicentrum Mall yang sering menggelar konser musik dan mengganggu ketenangan warga.

Umaiyah mewakili kliennya seorang warga Tanah Aji Mataram, Punia, Abdul Malik dan seorang dokter sebuah rumah sakit di dekat Epicentrum Mall, dr Edi Prasetyo Wibowo.

Warga merasa kesal Lombok Epicentrum Mall sering menggelar konser dan mengganggu aktivitas masyarakat.

“Klien saya merasa sangat terganggu dengan konser-konser musik yang sering digelar di Lombok Epicentrum Mall. Suara bising mengganggu ketenangan warga dan mengganggu pasien di rumah sakit,” kata Umaiyah, Rabu, 4 Januari 2023.

Tidak hanya itu, getaran musik konser membuat rumah warga bergetar dan mengganggu aktivitas masyarakat di sekitar Epicentrum Mall.

Umaiyah mengatakan jika Lombok Epicentrum Mall tidak mengindahkan somasi tersebut dan tetap menggelar konser musik, maka akan digugat secara perdata.

“Kita akan menempuh langkah hukum berupa gugatan perdata jika somasi tidak diindahkan,” ujarnya.

Sebelumnya, pernah ada mediasi antara warga dan pihak manajemen Lombok Epicentrum Mall. Mediasi disaksikan Polresta Mataram hingga Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Kota Mataram.

Pada mediasi tersebut, LHK menjelaskan bahwa parkir timur Lombok Epicentrum Mall memiliki izin AMDAL hanya untuk mall, hotel dan lahan parkir bukan untuk menggelar konser. Meskipun demikian pihak Epicentrum bersikukuh bahwa mereka mengantongi AMDAL di parkir timur untuk segala kegiatan termasuk konser musik.

“Pihak LHK sudah tegaskan bahwa di parkir timur Epicentrum itu hanya mengantongi AMDAL khusus, mall, hotel dan parkir kendaraan, bukan untuk konser musik,” kata Umaiyah.

General Manager Lombok Epicentrum Mall, Salim Abdat yang dikonfirmasi terkait berita ini, belum menanggapi. Awak media juga telah mendatangi Kantor PT Sriwijaya Pripindo Utama (Epicentrum Mall) untuk meminta konfirmasi, namun karyawan belum dapat memberikan konfirmasi karena somasi tersebut belum dibahas manajemen.

“Masih akan kami rapatkan dulu. Sekarang tidak bisa kita klarifikasi karena belum dikomunikasikan oleh manajemen,” kata seorang karyawan PT Sriwijaya Pripindo Utama. (red)