KORANNTB.com – Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa bagi umat muslim saat Ramadhan. Malam itu merupakan malam penuh berkah bagi umat muslim. Setiap doa dan keinginan dapat dkabulkan.

Lailatul Qadar merupakan malam ketika Allah SWT pertamakali menurunkan wahyu ayat-ayat Alquran kepada baginda Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang istimewa dibanding malam-malam lainnya. Sehingga malam tersebut dimanfaatkan umat muslim dengan itikaf (berdiam) di masjid dan berdoa pada Allah SWT.

Keistimewaan malam Lailatul Qadar meliputi segala doa manusia akan dikabulkan, diampuni dosa dan diterima amal ibadah dan segala keberkahan lainnya. Sehngga malam Lailatul Qadar disebut malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Tanda-tanda Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar memiliki tanda-tanda yang spesifik saat tiba. Tanda-tanda tersebut dapat diamati langsung oleh pancaindra manusia. Malam Lailatul Qadar cendrung lebih tenang, damai dan udara yang tidak panas. Kondisi saat itu betul-betul menenangkan.

Malam tersebut merupakan malam yang penuh cahaya baik dari langit dan bumi. Pada malam tersebut turun para malaikat termasuk malaikat Jibril ke bumi. Pada malam tersebut doa-doa manusia akan terkabulkan.

Selain itu saat malam Lailatul Qadar tiba bisa dilihat tanda pada pagi harinya, seperti matahari terbit tanpa sinar yang membuat mata silau dan langit cerah tanpa awan.

Waktu Turunnya Lailatul Qadar