KORANNTB.com – Lombok, Nusa Tenggara Barat terkenal sebagai pulau destinasi. Banyak deretan wisata mulai dari pegunungan, pantai, air terjun dan lainnya yang terbentang di Lombok.

Untuk menikmati liburan ke Lombok tidak mahal. Bahkan hanya dengan memiliki Rp1 juta sudah bisa berwisata ke Lombok.

Jika datang dari Pulau Jawa, pelancong bisa menggunakan Kapal Kirana VII dari Pelabuhan Perak Surabaya ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat. Tarifnya hanya berkisar Rp200 ribu.

Tiba di Lombok, bisa menyewa sepeda motor harian dengan kisaran tarif Rp75 ribu hingga Rp150 ribu per hari. Namun disarankan naik bus saja dengan harga yang lebih murah.

Bagi yang ingin mendaki di Gunung Rinjani, tarif cukup murah hanya Rp5 ribu untuk wisatawan domestik.

Sementara tarif hotel bisa ditemukan hotel-hotel bintang tiga dengan tarif Rp250 ribu per malam. Untuk biaya makan cukup Rp100 ribu per orang dengan tiga kali makan. Carilah kuliner Lombok dengan harga murah meriah, seperti Ayam Rarang, Nasi Kotaraja, Nasi Puyung, Ayam Taliwang, Pelecing dan lain-lain.

Untuk menikmati pesona deretan air terjun seperti Air Terjun Benang Kelambu, Air Terjun Senaru, Air Terjun Jeruk Manis dan lainnya, tarif masuk hanya berkisar Rp10 ribu.

Sementara deretan pantai di Lombok hanya membutuhkan tarif parkir untuk masuk. Sebut saja Pantai Kuta Lombok.

Jika diestimasikan, tarif berada di Lombok selama sehari di bawah Rp1 juta. Jika ingin berada di Lombok lebih dari satu hari maka bisa jadi hari ke dua biaya yang dikeluarkan lebih murah lagi tergantung kebutuhan. (red)