KORANNTB.com – Jika seseorang telah meninggal dunia maka terputus pula segala amalannya. Namun ada tiga amalan yang tidak akan pernah terputus meskipun orang tersebut meninggal dunia.

Dalam HR. Muslim nomor 1631 disebutkan bahwa; “Jika seseorang meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu) sedekah jariyah,  ilmu yang bermanfaat, atau doa anak yang saleh.”

Menurut Ustaz Adi Hidayat, ada amalan yang terus mengalir yang dikerjakan oleh seseorang semasa hidup atau dikerjakan oleh orang lain saat seseorang meninggal dunia.

Link Banner

“Jadi kalau seseorang meninggal enggak bisa beramal lagi pahala selesai, tapi ada tiga amalan saat dikerjakan oleh beliau (orang yang sudah meninggal) sebelum wafat atau beliau wafat orang lain kerjakan maka pahalanya terus mengalir,” katanya dalam sebuah ceramah yang dikutip koranntb.com, Selasa, 25 April 2023.

Pertama sedekah jariyah misalnya sebelum wafat seseorang suka membeli mushaf lalu dikirik ke penghapal al-quran. “Setiap huruf sepuluh orang baca mengalir lagi (amalannya),” ujarnya.

“Kedua, beliau sudah tidak ada, tidak mewakafkan mushaf, anaknya yang hidup mewakafkan… pahalanya sampai,” katanya.

Begitu juga dengan ilmu yang bermanfaat semasa seseorang hidup dan juga anak saleh yang selalu mendoakan orangtuanya. (red)