KORANNTB.comRasulullah SAW memiliki banyak makanan favorit yang banyak dijumpai. Makanan Rasulullah SAW tidak mahal namun memiliki kaya kandungan gizi. Salah satu makanan favorit Nabi Muhammad SAW adalah kaki kambing.

Menurut Ustaz Abdul Somad (UAS), makanan yang paling disukai Rasulullah SAW adalah kaki kambing bagian depan.

“Makanan apa yang paling disukai nabi? Nabi menjawab, makanan yang paling disukai nabi adalah kaki kambing bagian depan,” kata UAS dalam ceramahnya dikutip koranntb.com, Selasa, 25 April 2023.

Bahkan ada musuh (Zainab binti al-Harits) yang mengetahui makanan favorit Rasulullah SAW adalah kaki kambing bagian depan, sehingga musuh memberikan racun mematikan pada makanan tersebut lalu memberikan pada Rasulullah SAW saat berada di Khaibar.

“Lalu mereka sajikan kaki kambing bagian depan itu, karena itu makanan kesukaan nabi. Rupanya di bagian depan kaki kambing itulah mereka tanamkan racun yang paling sangat banyak, paling berbahaya,” ujarnya.

Bahkan ada sahabat nabi yang mengunyah makanan tersebut meninggal dunia. Namun saat Rasulullah SAW memasukan daging ke mulut, Malaikat Jibril datang mengabarkan bahwa makanan tersebut telah diracun, sehingga nabi memuntahkannya.

Menurut UAS, Rasulullah SAW sengaja diberikan ujian tersebut oleh Allah SWT untuk menyempurnakan nikmat, bukan hanya sebagai nikmat penutup para nabi dan rasul, tetapi nikmat sebagai mati dalam kondisi syahid. (red)