KORANNTB.com – Groundbreaking atau peletakan batu pertama Sirkuit MXGP di Kota Mataram, Lombok digelar Selasa sore, 9 Mei 2023. Acara tersebut digelar di eks Bandara Rembiga, Kota Mataram yang akan disulap menjadi sirkuit.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah mengatakan dipilihnya Lombok sebagai lokasi MXGP pada 2023 adalah sebuah penghargaan atas kesuksesan MXGP Samota di Sumbawa pada 2022 lalu.

“Karena bagusnya penyelenggaraan di Samota sehingga NTB mendapat penghargaan menggelar MXGP dua kali di tahun ini. Sumbawa dan Lombok,” katanya.

Link Banner

Zulkieflimansyah mengatakan banyak daerah lain di Indonesia menginginkan dihelat MXGP di daerah mereka, namun Infront Moto Racing, selaku pemegang hak penyelenggaraan dan komersial Kejuaraan Dunia Motocross memilih Lombok menjadi lokasi kedua MXGP.

“Banyak (daerah) yang ingin, tapi mereka (Infront) memutuskan (MXGP) berada di NTB,” ujarnya.

Gubernur NTB mengajak masyarakat untuk terlibat dalam menyukseskan MXGP. Dia optimis dengan terselenggaranya MXGP di Mataram akan memajukan pariwisata dan mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Di sini (sirkuit) akan menjadi sesuatu yang berbeda. Sekarang mungkin kondisi seperti ini, ke depan di sini akan menjadi lokasi pariwisata,” ujarnya.

“Ingat. Laut yang tenang tidak pernah melahirkan pelaut yang tangguh. Untuk itu mari sama-sama kita sukseskan MXGP di Lombok,” kata Kader PKS ini.

Sirkuit MXGP di Lombok akan dibangun di area seluas 68 hekatre. MXGP di Mataram akan digelar pada 1 hingga 2 Juli. Meskipun masih lama, namun sejumlah hotel telah dipesan oleh kru dan pembalap MXGP. (red)