KORANNTB.com – Selain Gili Trawangan dan Gili Meno, Lombok Utara juga memiliki Gili Air, sebuah pulau mungil yang ada dalam deretan tiga gili di sana. Gili Air tidak sepopuler Gili Trawangan yang sering dikunjungi turis, namun pesonanya tidak kalah menarik.

Gili Air merupakan destinasi wisata yang paling dekat dengan Pelabuhan Bangsal, pintu masuk menuju tiga gili. Jika menggunakan perahu menuju Trawangan, akan melewati Gili Air.

Selain memiliki pasir yang cantik dan bersih, Gili Air menjadi surga bagi penyelam. Banyak aneka ikan hias dan karang yang dijumpai saat menyelam di sekitar Gili Air. Keindahan bawah laut itu memantik banyak penyelam datang.

Jika yang belum terbiasa menyelam, Gili Air cukup aman. Habitat laut seperti terumbu karang dan ikan-ikan kecil dapat dilihat hanya dengan jarak 1,5 meter hingga 3 meter dari atas permukaan laut.

Ada beberapa spot untuk penyelam yang dapat menikmati keindahan bawah laut di sana, seperti Air Wall, Frogfish Point, Air Slope, Malang Reef, dan Segaluh. Itu menjadi alasan Gili Air disebut surga penyelam.

Gili Air tidak seramai gili lainnya, sehingga sangat cocok bagi wisatawan yang suka dengan ketenangan atau untuk healing. Di sana wisatawan dapat melepas segala lelah pikiran mereka.

Meskipun tidak seramai Gili Trawangan, di Gili Air dapat ditemui fasilitas seperti hotel, tempat beribadah, restoran, kafe dan transportasi. (red)